5 Fillm Inspirasi Pengusaha Sukses

Posted on Updated on

Image

Inspirasi dan motivasi selalu dibutuhkan, sekalipun Anda sudah berada dipuncak kesuksesan. Termasuk inpirasi sebagai seorang entrepreneur atau pengusaha sukses. Inspirasi dan motivasi bisa menjadikan usaha Anda menjadi lebih kreatif dan inovatif. Dengan begitu usaha Anda bisa beradaptasi terhadap persaingan dan perkembangan zaman.

Anda dapat mengambil inspirasi dan motivasi dari berbagai sumber  seperti dari membaca koran, majalah, buku maupun novel, dari teman atau rekan bisnis dan dari menonton tv atau film.

Berikut ini ada lima film yang dapat menginspirasi Anda untuk mempersiapkan diri  dan mencari tahu bagaiman membuka usaha sendiri.

1. Wall Street

Mengajarkan bagaimana ketamakan bisa membuat seseorang tenggelam dalam sistem. Film ini memperlihatkan bagaimana sistem terbaik pun masih bisa ditembus dengan cara melobi orang. Sayangnya isi pesan film ini tidak terlalu berisi dan agak kurang menggigit dengan cerita percintaannya.

Image

2. The Social Network

Film yang ‘kurang’ direstui oleh Mark Zuckerberg, sang pendiri situs jejaring sosial Facebook ini menceritakan dengan detail mengenai latar belakang adanya Facebook. Apakah ini semua benar? Mungkin enggak, namun ceritanya menunjukkan bahwa apapun yang terjadi, jangan menandatangani apapun hingga Anda memiliki seorang kuasa hukum yang berpengalaman. Dan usaha rintisan bisa menjadi bisnis yang kacau sekali jika di tahap awal peraturan dasarnya tidak ditegakkan dengan baik dan konsisten.

Image

3. Glengarry Glen Ross

Kisah mengenai David Mamet keterampilan menjual dengan kalimat-kalimat singkat yang cerdas. Bisa ditunjukkan bahwa bekerja di usaha rintisan pun memiliki sisi-sisi manusiawi dan humoris. Mungkin kisah film ini bisa ditemui di beberapa usaha rintisan sekarang.

Image

4. Barbarians At The Gate

Merupakan film televisi berdasarkan buku yang ditulis oleh Bryan Burrough dan John Helyar, tentang LBO dari RJR Nabisco. Film ini disutradarai oleh Glenn Jordan dan ditulis oleh Larry Gelbart. Film ini dibintangi James Garner sebagai F. Ross Johnson, CEO RJR Nabisco, dan Jonathan Pryce sebagai Henry Kravis, saingan utamanya bagi perusahaan.

Image

5. Pirates of The Silicon Valley

Meski film ini sebenarnya dibuat untuk ditayangkan di TV, film “Pirates of Silicon Valley” ini sangat menarik. Sebagaimana kisah Apple dan Microsoft di masa awal mereka, sekali lagi film ini melewati batas film jejaring sosial mengenai kepercayaan dan pengkhianatan dan tidak sepenuhnya akurat (IBM misalnya mendekati Digital Research untuk menyediakan DOS untuk itu sebelum menghubungi Bill Gates tetapi itu berhasil untuk ukuran sebuah film). Ditambah lagi film ini diperankan dengan baik karena para pemainnya terlihat cukup menyerupai karakter di kehidupan nyata.

Image

Oleh: Winda Chan

Ilustrasi: Ary Pratama

Editor: Kiki A Larasati

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s