5 Cara Kaya Melalui Internet

Posted on Updated on

Anda mau mendulang uang melalui internet? Jadilah game-changer.
Makhluk apaan tuh ((+_+))? Itulah orang yang mampu mengubah permainan (baca: tren bisnis).
Yuk, kita lihat beberapa contohnya…

  • Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook di tahun 2004, saat itu tak ada situs yang seperti situsnya. Delapan tahun kemudian, menurut Forbes, kekayaannya bernilai US$ 17,5 milyar (>Rp 166 trilyun).
  • Drew Houston mampu melihat bahwa uang bisa diraup dari penyimpanan data online, maka ia ikut mendirikan Dropbox di tahun 2007. Pendapatannya empat tahun kemudian telah mencapai US$ 240 juta  (>Rp 2,2 trilyun).
  • Eric Lefkofsky melihat potensi besar pada Groupon, maka ia menginvestasikan US$1 juta untuk pendirian situs web diskon itu di akhir 2008. Tiga tahun lebih kemudian, ia masuk daftar miliarder versi Forbes dengan kekayaan bersih US$2,9 milyar  (>Rp 27 trilyun).

Tergiur gak, sobat? Hmm, rejeki yang bisa diraih melalui internet masih melimpah-ruah, lho.

Yuk, kita pelajari 5 jurus ampuh berikut ini:

1. Upload video Anda

Banyak lho musisi yang ngetop sedunia setelah meng-upload (memunggah) videonya di YouTube.
Tahu Justin Bieber kan? Remaja ini meraup US$ 108 juta (>Rp 1 trilyun) dalam 2 tahun terakhir, berawal dari videonya di YouTube…
Tahu siapa itu Karmin? Video mereka yang membawakan lagu Chris Brown berjudul “Look at Me Now” telah ditonton > 73 juta kali sejak April 2011. Selang sebulan, mereka dikontrak Epic Records senilai jutaan dollar.
Untuk contoh Indonesia, masih ingat kan nama Raisa Andriana, Briptu Norman, Udin Sedunia, dan…… eh, siapa tahu nama Anda adalah berikutnya, aamiin..

Image

Raisa Andriana memunggah video “Serba Salah” ke YouTube, awal November 2010.
Klip akustik pertamanya ini, kemudian berhasil bertengger di frontpage Yahoo! Indonesia selama akhir November 2010. Berdasarkan data statistik Yahoo! Indonesia, Raisa mendapat apresiasi yang sangat baik, yaitu 958.068 views. Awal 2011 Raisa telah dikontrak oleh Universal Music Indonesia, tampil di panggung Java Jazz Festival 2011, untuk selanjutnya terus ikut mewarnai kancah musik kita…

Image

Norman Kamaru, anggota Brimob Polda Gorontalo ini memunggah video pada April 2011, menyanyikan lagu India ‘Chaiyya Chaiyya’ dengan lipsync, menirukan penyanyi aslinya Shahrukh Khan. Tak disangka, namanya mulai dikenal se-Indonesia. Popularitas mendongkraknya menjadi selebriti, wajahnya pun sering tampil di TV bahkan tawaran manggung, menyanyi hingga sinetron terus mendatanginya. Akibat kesibukan tsb akhirnya ia pun berhenti dari Brimob. Videonya telah dilihat >3.190.000 kali sampai September 2012.

Image

Sualludin, pemuda asal Lombok Tengah, NTB ini, mendadak terkenal setelah lagunya berjudul ‘Udin Sedunia’ muncul di YouTube, Feb-2011 (sampai Sep-2012 telah dilihat >1.796.000 kali). Video kocak ini rupanya disukai banyak orang. Dalam sekejap, Udin ditawari untuk manggung di berbagai tayangan TV, bahkan main di film layar lebar  “UCAP” (Udin Cari Alamat Palsu) bersama artis-artis fenomenal Youtube lainnya, seperti Sinta Jojo “Keong Racun”, dll.

Gak harus jago nyanyi sih untuk jadi bintang YouTube. Bisa saja Anda videokan anak Anda atau hewan peliharaan Anda atau apapun yang kemudian ditonton banyak orang dan mewabah seperti virus. YouTube bisa jadi mengontak Anda dan mengajak bermitra. Youtube akan beriklan pada klip Anda dengan sistem bagi hasil 50 %. Seorang ayah yang mem-video-kan anaknya sepulang dari dokter gigi, telah meraup lebih dari US$ 100.000 hanya dari iklan klipnya “David after Dentist” di YouTube.

2. Jual barang Anda secara online

Peluang jadi milyarder tidak hanya dari YouTube lho. Ada juga Craigslist dan eBay, situs jual beli barang secara online.
Sophia Amoruso memulai usahanya dengan menjual vintage di eBay. Setelah usahanya berkembang, ia membuat situs web sendiri, Nasty Gal, toko busana online. Nasty Gal di tahun 2012 ini bernilai US$130 juta, dan diperkirakan membukukan penjualan US$128 juta.
Saat ini, banyak pilihan menjual ritel secara online. Etsy adalah situs yang berfokus pada jual beli kerajinan, sementara Zaarly lebih mengedepankan model. Threadflip, tempat jualan busana bekas kaum wanita. Banyak deh contohnya. Nih, satu contoh terakhir: ModCloth, situs yang menjajakan pernik antik dengan memadukan aspek sosial dan mobile, kini makin populer aja. Suami-istri pendiri situs ini, Eric dan Susan Gregg Koger (27) masuk daftar “30 Orang Terkaya di Bawah Usia 30” versi Forbes.

3. Jual karya/kreasi Anda secara online

Pernahkah Anda merekam suatu peristiwa dalam kamera Anda, yang sangat layak/berharga sebagai berita publik, tapi Anda bingung mau menjualnya kemana? Nah, kini gak usah bingung lagi deh, sudah ada Paya (baca: Pay-ya). Situs baru T3Media ini memungkinkan Anda untuk meng-sinkronisasi dan menjual konten karya Anda (foto, video, dll) dari >250 situs, termasuk Flickr, Facebook, Vimeo dan YouTube. Paya meminta komisi 20% dari setiap penjualan. Mereka mendata bahwa ada sekitar 375 miliar foto dijepret setiap hari, dan 72 jam dari video YouTube di-upload setiap menit. Popularitas berbagi video dan foto yang kian mewabah ini memang bisa menjadi bisnis besar. Tak heran bila situs sejenis pun makin populer. Gumroad memungkinkan Anda untuk menjual karya cipta seperti lagu, program komputer, buku, dll. Anda memilih harga, sementara Gumroad hanya meminta komisi 5% dari setiap penjualan.

4. Buat blog Anda layak-jual

Bloggers (pembuat situs blog) juga bisa kaya raya😉. Anda penasaran caranya (^_-)? Pertama-tama, buatlah sebuah situs yang menjadi wadah Anda untuk menulis tentang musik, keuangan, fashion, atau apa pun minat Anda. Lalu, binalah hubungan dengan para pembaca. Selanjutnya, bisa jadi ada perusahaan yang tertarik pada situs Anda dan ingin membelinya. Anda gak percaya? Nih, dua contoh suksesnya:
Tahun 2008, Johns Wu, menjual situsnya Bankaholic.com kepada Bankrate, Inc senilai US$14,9 juta (>Rp 142 milyar).
Tahun 2010, situs teknologi entrepreneur TechCrunch diakuisisi AOL sebesar US$ 30 juta (>Rp 285 milyar), membuat pendirinya, Michael Arrington, langsung kaya raya.
Mei 2010, Koprol, social media berbasis lokasi, situs buatan orang Indonesia yang dikelola sejak tahun 2008 ini, diakuisisi oleh Yahoo. Diperkirakan nilai jualnya berkisar antara US$ 600 ribu hingga 1 juta (Rp 5,7–9,5 milyar).

5. Uangkan situs Anda dengan pemasaran afiliasi dan iklan

Cara lain menguangkan situs Anda, adalah dengan menjual pemasaran afiliasi melalui program seperti Amazon Affiliates. Tempatkan link afiliasi produk mereka di situs Anda, lalu setiap kali pengunjung meng-klik-nya untuk membeli produk, maka Anda akan mendapat komisi penjualan. Anda juga bisa menjual space situs Anda sebagai ruang iklan, yang tarifnya akan semakin tinggi bila pengunjung situs Anda semakin ramai.

Yuk manfaatkanlah internet, kerahkan dan asahlah kreatifitas Anda. Mulailah mengolah bakat Anda menjadi uang, bisa jadi Anda-lah milyarder internet yang akan datang.

Azi Yoesoef

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s