Jangan Lupakan Satu Hal Ini Saat Membuat Business Plan!

Posted on Updated on

Business-plan

Bagi Anda yang baru ingin mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki sebuah bisnis, menulis rencana bisnis mungkin adalah salah satu langkah pertama Anda. Rencana bisnis tersebut merupakan segala aspek yang Anda rencanakan untuk menjalankan sebuah bisnis.

Namun banyak orang terlalu berfokus hanya kepada beberapa elemen dalam membuat rencana bisnis, misalnya cash flow dan tujuan jangka panjang bisnis Anda, dan mereka kadang melupakan salah satu elemen yang penting dalam sebuah bisnis, yaitu marketing.

Masalahnya adalah, kebanyakan entrepreneur tidak memiliki pengalaman mengenai marketing. Mereka lebih memiliki pengalaman dalam mengurus finansial atau produksi dari produk yang akan mereka jual, karena pada dasarnya mereka bukanlah seorang marketer. Beberapa dari mereka mungkin paham mengenai pentingnya marketing dalam sebuah rencana bisnis, namun tidak mengetahui bagaimana harus memulainya.

Catat point ini:

“Seberapapun bagusnya produk atau layanan yang Anda tawarkan, tidak ada orang yang tahu jika Anda tidak memberitahu mereka.”

Komponen marketing dalam rencana bisnis Anda juga harus lengkap dari mulai dana dan waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan strategi marketing tersebut, tidak hanya sekedar bayangan atau sketsa yang tidak jelas. Anda membutuhkan strategi yang benar-benar jelas dan lengkap agar Anda mampu mengetahui hasil yang Anda raih.

Maka dari itu Anda perlu melihat beberapa hal dibawah ini agar dapat membantu Anda dalam membuat strategi marketing yang baik untuk rencana bisnis Anda. Berikut adalah poin-poin yang harus Anda pikirkan dari Marsha Friedman, CEO EMSI Public Relation

Apa pesan Anda?

Saat ini Anda membutuhkan sebuah pesan yang lebih dari sekedar slogan klise “Produk saya hebat”. Apa masalah yang dapat diselesaikan oleh produk Anda? Atau, jika Anda menjual sebuah layanan, apa nilai dari layanan yang Anda sediakan? Apa yang membuatnya berbeda dengan layanan sejenis?

Sebagai contoh, jika Anda ingin memulai bisnis restoran, apa fasilitas yang Anda sediakan kepada pelanggan Anda yang membuatnya berbeda dari restoran lain? Misalnya restoran Anda memberikan pelayanan pijat gratis setelah pelanggan selesai makan di restoran Anda.

Siapa calon pelanggan Anda?

Kecuali Anda menjual produk yang khusus, pertimbangkan pasar atau calon pelanggan Anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Misalnya Anda membuat sebuah kulkas kecil praktis untuk para mahasiswa yang tinggal di kos-kosan, mungkin Anda hanya menargetkan mahasiswa menjadi pelanggan Anda, tapi padahal akan banyak yang mengetahui produk Anda nantinya seperti orang tua mereka, atau bahkan teman mereka yang sudah bekerja.

Intinya fokus dulu ke pasar atau calon pelanggan spesifik sebagai tahap awal marketing Anda, namun pertimbangkan juga orang-orang yang akan terkena dampak marketing jangka panjang Anda, sehingga Anda bisa mempersiapkan kebutuhan untuk melakukan ekspansi bisnis Anda.

Media apa yang cocok Anda gunakan untuk strategi marketing Anda?

Bisa dibilang Anda sangat beruntung jika Anda memulai bisnis saat ini, karena dengan perkembangan teknologi internet yang sangat pesat, dan juga kuatnya pengaruh dari sosial media, Anda bisa menarik perhatian dari calon pelanggan Anda secara langsung.

Cobalah gunakan social media untuk menjalankan strategi marketing Anda, tapi anda harus berhati-hati jangan sampai Anda terlalu agresif dalam menggunakan social media, karena pada akhirnya bukan orang tertarik membeli produk Anda, malah justru dibenci mereka.

Berapa besar dana marketing Anda?

Ketika mencoba menjawab pertanyaan ini, Anda harus menentukan bagaimana strategi marketing yang Anda lakukan, apakah Anda membutuhkan bantuan orang lain atau Anda dapat melakukannya sendiri.

Jika Anda dapat menanganinya sendiri tentunya Anda dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankan strategi Anda tersebut. Tapi jika Anda ingin menyewa sebuah agensi untuk menjalankan strategi marketing Anda, pertimbangkan biaya yang Anda keluarkan dan waktu yang diperlukan secara hati-hati.

Ini karena setiap agensi memiliki cara yang berbeda-beda, jangan sampai Anda telah menghabiskan uang banyak, tapi tidak mendapatkan hasil yang optimal, dan ujung-ujungnya Anda mengalami kerugian.

Jika sudah melihat poin-poin diatas, tentunya Anda sudah siap untuk menulis rencana bisnis Anda. Marketing adalah salah satu hal yang esensial dari sebuah bisnis, karena dengan sebuah strategi marketing yang solid, bisnis Anda dapat berkembang dengan maksimal.

Ilustrasi: acaben

12/03/2013 by  at YukBisnis.Com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s