6 Cara Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Posted on Updated on

Image

Cobalah berkonsentrasi untuk membuat penjualan baru atau mengejar keuntungan yang lebih besar. Tapi Anda juga harus memperhatikan pelanggan tetap Anda, tidak masalah seberapa kecil keuntungan yang Anda peroleh dari mereka, karena ini sangat penting untuk menjaga usaha Anda terus berkembang.

Rahasia usaha yang berulang-ulang adalah dengan memberikan tindak lanjut yang memberikan kesan positif kepada pelanggan. Tindak lanjut harus segera dimulai setelah terjadi transaksi penjualan. Ketika Anda menelpon pelanggan Anda untuk mengucapkan “terima kasih”, Anda juga harus mencari tahu apakah pelanggan Anda senang dengan produk atau jasa Anda.

Selain yang sudah dijelaskan di awal, ada juga beberapa cara efektif untuk menidaklanjuti dan memastikan usaha Anda selalu diingat pelanggan

1. Biarkan pelanggan mengetahui apa yang Anda lakukan untuk mereka

Anda bisa mengirimkan kabar berita kepada pelanggan tetap Anda, atau cara yang tidak resmi seperti menelepon. Apapun cara yang Anda gunakan, kuncinya adalah untuk meyakinkan pelanggan bahwa Anda telah memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Jika Anda tidak pernah memberitahu apa yang Anda lakukan untuk mereka, pelanggan mungkin tidak akan memperhatikan usaha Anda. Bukan berarti Anda bersikap sombong ketika Anda berbicara kepada pelanggan mengenai semua pekerjaan yang telah Anda selesaikan untuk menyenangkan mereka. Anda cukup menelepon dan memberitahu sehingga mereka tidak perlu khawatir karena Anda yang menangani pekerjaan ini.

2. Menulis catatan data pelanggan lama

“Saya hanya duduk di meja saya, dan nama Anda muncul dikepala saya. Apakah Anda masih bersenang-senang berjalan-jalan dan terbang ke seluruh negara? Beritahu saya  jika Anda membutuhkan bagasi pesawat. Saya akan datang dengan model terbaru kami kapan saja Anda inginkan.” Atau jika Anda mendekati pelanggan lama di suatu acara, cobalah menidaklanjuti kembali dengan mengatakan : “Senang sekali bertemu Anda di pesta natal ini. Saya akan menghubungi Anda di awal tahun baru untuk jadwal makan siang.”

3. Menjaga hubungan dekat

Pesan suara atau email membuat komunikasi menjadi lebih mudah, namun penyampaian hal pribadi harus dibatasi.  Jangan menganggap  ini sebagai tindak lanjut yang baik. Jika Anda mengalami kesulitan untuk bertemu secara langsung, Anda bisa meninggalkan sebuah pesan suara yang Anda ingin katakan kepada orang tersebut secara langsung atau Anda bisa singgah ke kantornya.

4. Mengingat acara-acara khusus

Pelanggan akan sangat bahagia apabila Anda memberikan apresiasi Anda disetiap acara-acara khusus. Anda dapat mengirimkan kartu ulang tahun pelanggan,  kartu ucapan selamat, kartu selamat liburan kepada pelanggan Anda.   Hadiah juga bisa dikatakan sebagai alat untuk memikat pelanggan. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menunjukkan kepedulian Anda. Gunakan kreatifitas Anda untuk mandatangkan ide-ide menarik sehingga terciptalah hadiah yang dapat mengikat usaha Anda dengan pelanggan saat pembelian pertamanya.

5. Menyampaikan informasi

Jika Anda membaca sebuah artikel, melihat sebuah buku baru, atau mendengar dari suatu organisasi mengenai sesuatu yang mungkin disukai pelanggan, buatlah catatan atau Anda juga bisa menelepon untuk memberikan  informasi kepada mereka.

6. Mempertimbangkan ajakan para pengembang usaha

Ketika Anda berbicara dan mengunjungi pelanggan atau klien yang mapan, bisa jadi Anda akan menemukan sesuatu  yang baru dalam hidup Anda. Dan ini bisa menjadi batu loncatan yang mungkin saja nantinya dapat meningkatkan usaha baru bagi Anda.

Dengan semua yang bisa pelanggan Anda lakukan, tidak ada alasan untuk tidak berhubungan dengan mereka. Gunakan imajinasi Anda, dan Anda akan memikirkan banyak ide lain yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan hubungan yang bertahan lama.

Oleh Winda Chan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s