Tipe Pengusaha Seperti Apakah Anda?

Posted on Updated on

Image

Mencari tahu jenis usaha apa yang akan dimulai adalah ilmu yang sulit, namun harus dipertimbangkan secara logis. Secara alami semua pengusaha di dunia ini unik, mereka cenderung menyesuaikan dengan arketipe tertentu. Beberapa pengusaha benar-benar seorang penemu,  yang melihat tantangan membangun bisnis membutuhkan kecurangan dalam menjalankannya. Pengusaha yang lainnya benar-benar seorang marketer (pemasar) yang percaya bahwa mereka dapat menarik pelanggan untuk menawarkan apapun. Sedangkan beberapa pengusaha hanya ingin mengubah dunia dan membuatnya menjadi lebih baik.

Tapi mengapa mengetahui tipe pengusaha adalah sesuatu yang penting?. Jika Anda tahu apa kekuatan Anda lebih awal, Anda akan lebih siap untuk memulai bisnis yang lebih berpeluang untuk bertahan dan bahkan bisa berkembang.

Dalam buku terbaru Joe Abraham yang berjudul “Entrepreneur DNA” ada langkah menarik untuk melihat kekuatan dan kelemahan seorang pengusaha.

Kerangka yang diciptakannya sepertinya telah menjadi daya tarik, dan sudah digunakan secara informal oleh beberapa platform kewirausahaan, termasuk StartupAmerica dan CoFoundersLab. Metodologinya adalah dengan mengukur kecocokan pengusaha berdasarkan DNA disetiap empat kuadran, yaitu Builder, opportunist, Specialist, dan Innovator (BOSI). BOSI didefenisikan sebagai berikut:

1. Builder (Pembangun)

Pengusaha ini adalah “pemain catur utama” dalam permainan bisnis. Mereka selalu lebih maju dua atau tiga langkah ke depan dalam persaingan bisnis. Mereka sering digambarkan sebagai orang yang penuh motivasi, fokus, dingin, kejam dan penuh perhitungan. Mungkin banyak yang mengatakan Donal Trumpt sesuai dengan kategori ini.

2. Opportunist (Oportunis)

Opportunist merupakan bagian spekulatif dalam diri setiap pengusaha. Ini merupakan karakter dimana pengusaha ingin berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, memanfaatkan waktu untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin. Jika Anda pernah merasa ingin melakukan bisnis yang mudah untuk mendapatkan uang, seperti jual beli rumah dengan memanfaakan kenaikan harga, maka Anda termasuk pengusaha dengan karakter Opportunist

3. Specialist (Spesialis)

Pengusaha yang termasuk dalam tipe ini akan bertahan dalam bisnis selama 15 hingga 30 tahun.  Mereka akan membangun fondasi perusahaan yang kuat. Namun mereka juga harus sering berjuang untuk bisa menonjol diantara kompetitor. Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini contonhya Graphic Designer, pakar IT, akuntan atau pengacara.

4. Innovator (Penemu)

Anda biasanya akan memukaan pengusaha innovator di “laboratorium” bisnis tempat mereka bekerja, menciptakan inovasi, konsep, sistem atau produk yang dapat dibangun menjadi satu atau banyak bisnis. Tantangan seorang innovator adalah mereka harus fokus dalam menciptakan produk serta berbisnis. Ada begitu banyak pengusaha yang termasuk tipe ini, salah satunya Dean kamen yang masih berjuang bersama rekannya Segway Human Transporter, yang masih memegang 440 hak paten lainnya.

Tentu saja, menemukan tipe pengusaha Anda hanya suatu permulaan. Selanjutnya adalah memanfaatkan kekuatan itu, menopang kelemahan Anda dan membangun rencana yang cocok untuk bisnis Anda.

Secara keseluruhan, nilai real dalam penggunaan metodologi ini erat hubungannya dengan akselerator bisnis dan mentoring. Belum dapat diyakini bahwa seseorang dapat menemukan DNA kewirausahaan secara otomatis dan kemudian membantu Anda untuk sukses.

Oleh Winda Chan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s