Butuh Tempat Usaha Kuliner, Namun Bermodal Sedikit? Wajib Baca Ini!

Posted on Updated on

Tempat adalah salah satu modal termahal yang harus Anda keluarkan ketika Anda ingin membuka usaha. Lalu bagaimana jika modal tidak memungkinkan untuk menyewa tempat yang layak sementara Anda sendiri belum memiliki tempat? Gerobak adalah jawaban yang jitu. Gerobak relatif lebih murah dan gampang ditempatkan didaerah target pasar Anda.

Image

Usaha berbasis gerobak memiliki beberapa kelebihan antara lain:

1. Modal kecil

Image

Modal yang digunakan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan membangun rumah makan atau restoran. Dengan uang berkisar 8 juta saja, usaha di atas gerobak sudah bisa dijalankan.

2. Konsep modern

Image

Konsep gerobak modern sebenarnya dimulai di berbagai negara. Bahkan telah menjelma menjadi industri. Para desainer dan pembuatnya merupakan tenaga profesional, hal ini akibat dari banyaknya permintaan dari pelaku usaha. Di indonesia sendiri, gerobak cukup banyak terlihat di mal menjajakan aneka makanan dan minuman. Namun tidak sedikit pula gerobak yang kembali ke habitat aslinya yaitu dipinggir jalan. Tentunya gerobak ini sudah disulap menjadi gerobak yang cantik dan modern.

3. Akses atau koneksi

Image

Faktor pendukung yang menjadi salah satu aset penting adalah akses dan koneksi. Kebanyakan pemilik usaha mengincar lokasi seperti di sekitar perkantoran, kampus, perumahan, maupun sekolah. Anda sebagai pelaku usaha harus memiliki akses untuk dapat menembus tempat-tempat ini. Misalnya dilakukan oleh mahasiswa atau pekerja menengah yang punya banyak kenalan. Jadi Anda tidak asal menaruh gerobak Anda begitu saja. Dengan memiliki akses koneksi yang dibangung dengan baik, risiko seperti penggusuran menjadi sangat kecil. Tempat seperti ini biasanya berlokasi di halaman supermarket, salon, gerbang perumahan, sekolah, kampus, hingga area publik seperti stasiun, bandara, terminal maupun rumah sakit. Intinya tempat-tempat yang cukup banyak orang berlalu-lalang.

4. Bersifat moveable

Image

Keuntungan lainnya adalah usaha gerobak dapat dipindah-pindahkan atau moveable. Dari segi usaha dan risiko, apabila suatu lokasi kurang mendukung dan dianggap sepi pembeli, maka dengan mudah bisa dipindahkan ke tempat lain yang lebih baik. Karena bisa dipindah-pindah, baiknya gerobak dibuat bersifat praktis (compact). Misalnya gerobak harus ringan, mudah dilipat, dan mudah untuk dipindahkan atau didorong.

Selain kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, gerobak juga wajib memiliki 3 unsur utama, yaitu:

– Storage Area

Bagian ini bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan baku.

– Preparation Area

Bagian ini bisa digunakan sebagai tempat meracik dan menyiapkan makanan.

– Cooking Area

Bagian ini digunakan sebagai tempat memasak. Bisa dikatakan sebagai lahan untuk menempatkan panggangan, oven, atau penggorengan.

Bagaimana pandangan desain mengenai gerobak? Para pendesain tidak bisa mengatakan tidak, untuk mendesain gerobak yang dapat menarik perhatian pembeli. Desain gerobak harus dibuat indah, menarik dan mudah dikenali. Salah satu cirinya adalah dengan menggunakan warna-warna cerah seperti oranye, kuning, hijau muda, atau kombinasi di antara warna-warna terang lainnya. Pemilihan warna seperti ini dibuat agar gerobak terlihat menyolok mata sehingga penampilannya lebih dominan dibanding lingkungan sekitar.

Bukan hanya warna, bentuk gerobak juga harus inovatif. Usahakan bentuk gerobak tidak seperti gerobak umumnya dan jika memungkinkan disesuaikan dengan bentuk makanan Anda. Meski dari gerobak, tapi indah penampilannya, maka Anda bisa menentukan target pasar Anda. Bukan hanya dari kalangan bawah saja, tapi kalangan atas juga akan terpikat.

Oleh Winda Chan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s