3 Cara Kreatif Untuk Keluar Dari Zona Nyaman Anda

Posted on Updated on

Image

Pemimpin yang belajar untuk memilih keluar dari zona nyaman, mereka akan mampu mendukung kegiatan dirinya dengan cara kepemimpinan yang berbeda dari rasa nyaman, ini membantu mereka untuk keluar dan sukses.

Untuk mengambil risiko secara cerdas, Anda harus keluar dari zona nyaman Anda. Kenapa? Ketika Anda tahu bagaimana menangani ketidaknyamanan, Anda akan jauh lebih siap mengevaluasi pilihan beresiko dan bukan menolak inovasi. Strategi yang paling efektif akan melatih keahlian yang langsung  dapat diaplikasikan untuk bisnis Anda.

1. Mengambil kelas improvisasi

Setiap kali Anda mengambil risiko dalam bisnis Anda, Anda kemungkinan menghadapi kegagalan. Kelas improvasi mengharuskan Anda untuk mengandalkan kaki Anda, sehingga mereka mendorong kreatifitas dan inovasi. Mereka juga mendukung keterbukaan untuk ide-ide baru. Prinsip improsasi adalah jangan pernah menolak ide secara langsung, menerima ide dan mengembangkannya. Berlatih keterampilan akan membuat Anda lebih siap untuk membentuk ide yang aneh menjadi brilian, daripada menghilangkannya.

2. Bertukar tempat dengan resepsionis

Jika Anda bekerja di balik pintu yang tertutup, melangkahlah keluar dan habiskan waktu Anda untuk hal yang berbeda. Contohnya, Tim Brown, CEO dan Presiden dari IDEO, sebuah perusahaan konsultan desain global, bertukar kursi dengan resepsionis. Anda mungkin memiliki hari-hari yang kurang produktif, tapi jika Anda melihat perusahaan Anda dari persfektif yang berbeda maka akan mendorong pikiran Anda menjadi terbuka dan memacu terciptanya ide-ide baru.

3. Membuka diri

Para pemimpin, terutama perusahaan besar atau anak cabang, selalu melindungi diri dari pendapat-pendapat yang kritis. Berikan kesempatan kepada pelanggan untuk menyampikan pendapat mereka dalam forum yang nantinya akan menjadi suatu dukungan bagi Anda.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s