6 Tips Mudah Mengendalikan Emosi Anda

Posted on Updated on

Image

Ternyata ada 6 tips mudah untuk mengendalikan emosi Anda, yuk disimak.

Ketika berbicara tentang emosi dan pengendaliannya, Ken Linder punya banyak cerita dari pengalamannya, Ken Lindner menuliskannya dalam sebuah buku “Greenleaf”. Di buku ini Lindner menuliskan tips bagaimana menjaga perasaan seseorang, juga bagaimana mengambil keputusan jika sedang emosi.

Berikut 6 tips dari Lindner:

1. Memiliki Tujuan

Dengan memiliki tujuan terhadap setiap interaksi dari apa yang akan Anda lakukan, Anda akan tahu bagaimana mencapai tujuan tersebut. Dengan memiliki sebuah misi yang jelas, maka kecil kemungkinan emosi akan mempengaruhi Anda.

2. Jangan membuat keputusan saat sedang emosional

Jangan pernah membuat keputusan ketika Anda sedang emosi, menjauhlah, luangkan waktu untuk mendinginkan perasaan dan kepala Anda. Berpikirlah tentang apa yang Anda butuhkan dan bagaimana menyelesaikannya, kemudian cari langkah apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapainya.

3. Pikirkanlah tentang konsekuensi sebelum Anda bertindak.

Jika Anda melakukan sesuatu dengan spontan dengan situasi dan kondisi yang tidak tepat, Anda akan mendapatkan hasil yang buruk. Ketika Anda perpikir tentang bagaimana hal itu dapat membuat Anda sukses, bagaimana agar karir Anda berjalan dengan baik, bagaimana hal itu bisa mempengaruhi keluarga Anda, kehidupan Anda, reputasi Anda, kata lindner. Sebaiknya Anda fokus pada setiap konsekuensi positif dan membiarkan mereka mendorong Anda dalam membuat keputusan yang besar.

4. Berkomunikasi

Sangat penting bahwa ketika ada masalah dengan seseorang, duduklah dan bicaralah. Buatlah senyaman mungkin dengannya. Sebagai seorang pengusaha muda, dengan meluangkan waktu memahami seorang karyawan, klien, dan orang-orang disekitar Anda akan membantu Anda untuk lebih dihormati.

5. Kenali pemicunya

Sering kali ketika orang mendengar kata pemicu, mereka akan berpikir dan memandangnya sebagai konotasi yang negatif. Lindner menyatakan bahwa pemicu disini adalah hal-hal yang menggerakkan Anda untuk membuat keputusan positif.

6. Belajar dari kesalahan

Kegagalan adalah hadiah, kata Lindner. Kegagalan mengajarkan Anda apa yang masih perlu Anda lakukan, yang tidak Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda berbuat salah dan Anda tidak bertindak untuk memperbaikinya, jangan lakukan itu. Tidak ada yang salah dengan kegagalan, kegagalan adalah teman terbaik Anda, jika Anda tidak tahu kesalahan Anda, Anda tidak akan pernah belajar.

Oleh: Annabeth
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s