10 Tips Agar Toko Online Anda Sukses

Posted on Updated on

Image

Saat ini pengguna internet semakin banyak dan aktivitas jual beli online  pun juga meningkat. Jika Anda memiliki toko online maka Anda harus mempelajari dengan baik bagaimana menemukan beberapa solusi yang tepat sehingga penjualan dan pendapatan Anda bertambah, memiliki banyak konsumen dan meraih kesuksesan.

Meskipun terlihat mudah menjalankan usaha via online, namun Anda juga tidak bisa menganggap remeh dalam menjalankannya. Karena sebagian masyarakat masih meragukan dan takut jika barang tidak sampai di tangan mereka, sedangkan uang telah ditransfer ke panjual. Berikut ini 10 tips agar toko online Anda lebih sukses:

1. Search Engine

Hal yang paling utama adalah SEO (Search Engine Optimatization) yaitu bagaimana agar toko online Anda mendapatkan peringkat yang bagus di Search Engine. Misalnya di halaman pertama Google, karena kebanyakan konsumen mencari produk lewat Google Search Engine, kemudian mereka akan mengunjungi web yang berada di halaman 1.

2. Menampilkan informasi perusahaan Anda

Anda bisa memberikan data mengenai perusahaan Anda. Misalnya Anda bisa menambahkan alamat, cara menghubungi, dan lain-lain, karena konsumen akan lebih memilih toko online yang menunjukkan kontak yang jelas.

3. Membangun keyakinan

Anda harus membuat konsumen merasa yakin untuk membeli produk Anda. Selain itu berikan juga rasa nyaman kepada konsumen ketika mereka berbelanja di toko online Anda.

4. Informasi produk

Berikanlah informasi mengenai produk Anda secara jelas dan detail. Terkadang para pelanggan tidak selalu membeli barang di tempat yang murah, meskipun soal perbandingan harga sangat penting, tapi berikan informasi mengenai produk sehingga pelanggan akan tahu dan pada akhirnya memutuskan untuk melakukan pemesanan.

5. Mudah dan cepat

Usahakan web yang Anda miliki memudahkan pelanggan untuk mencari produk, misalnya menu navigasi yang tepat. Selain itu loading web juga harus cepat, jangan sampai pelanggan Anda menjadi bosan dan kabur karena menunggu terlalu lama membuka website anda. Dukung juga dengan desain website yang menarik dan terlihat profesional.

6. Perbarui produk

Konsumen biasanya menyukai produk-produk terbaru. Jadi usahakan meng-update produk Anda secara rutin, minimal satu bulan sekali. Buat konsumen Anda merasa puas dan akhirnya menciptakan kepercayaan terhadap ecommerce Anda.

7. Menjaga pelanggan

Memberikan pelayanan yang baik akan membuat pelanggan kembali berkunjung ke toko online Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan kualitas produk yang terbaik.

8. Metode pembayaran mudah

Para konsumen biasanya lebih memilih metode transaksi jual beli online yang gampang dan tidak ribet. Misalnya dengan Anda dapat menyediakan rekening bank yang paling sering digunakan oleh konsumen-konsumen Anda dan juga membuka beberapa rekening untuk memudahkan transaksi pembayaran konsumen Anda.

9. Metode pengiriman barang

Gunakan jasa pengiriman yang baik, tepat waktu sehingga pelanggan anda merasa senang.

10. Promosi

Untuk melakukan promosi, Anda bisa menggunakan jejaring sosial, email marketing, atau iklan. Misalnya menggunakan facebook, twitter, dan sebagainya.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s