5 Strategi Pemasaran Online Dengan Anggaran Ketat

Posted on Updated on

Image

Dalam dunia yang memperhatikan mata uang, ini akan menjadi sulit untuk menarik pandangan dan pendengaran target pasar Anda. Anda bukan saja melawan perusahaan besar yang didanai dengan baik, tapi Anda juga bersaing dengan media sosial dan banyak gangguan lainnya untuk prospek Anda.

Tapi bukan berarti upaya pemasaran Anda membutuhkan banyak uang. Berikut ini lima cara kreatif dan murah untuk memasarkan bisnis Anda di dunia digital:

1. Dapatkan dukungan selebriti lokal

Banyak pemilik bisnis bermimpi memiliki produk atau jasa mereka didukung oleh selebriti dunia. Tapi bukannya mencoba untuk mendapatkan superstar untuk mendukung bisnis Anda. Cobalah mencari selebriti lokal sebagai gantinya.

Siapakah selebriti lokal itu?

Ini adalah orang-orang lokal yang ada di koran yang diberitakan sebagai “pahlawan tanpa tanda jasa” seperti guru atau penduduk yang melakukan sesuatu yang positif dan layak diberitakan. Karena berada di lingkungan Anda, orang-orang ini relatif mudah untuk dicari dan dihubungi melalui telepon atau email. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin mengirim mereka hadiah yaitu produk atau jasa Anda.

Yang dapat Anda tangkap: Anda dapat mengajak mereka dalam beberapa hari mnggunakan produk atau jasa Anda untuk mendapatkan feedback yang jujur. Respon mereka dapat membuat blog atau pemasaran Anda berguna.

2. Membuat grup Linkedln

Tidak hanya grup Linkedln yang dibuat, ini juga memungkinkan Anda untuk menawarkan jaringan profesional Anda, sumber daya informasi yang berguna sambil mangarahkannya ke situs Anda dan juga dapat meningkatkan penjualan.

Ini dapat mengambil waktu Anda dan usaha untuk melaksanakannya, tapi tujuannya harus bisa membantu menyediakan sumber daya dan mulai mendiskusikan topik-topik yang dapat menguntungkan komunitas Nada. Grup juga harus menjadi tempat bagi anggota Anda untuk saling berhubungan secara profesional dengan lainnya melalui online.

3. Mendapat tempat publikasi di blog

Meskipun sulit untuk mendapatkan tempat di sampul depan sebuah majalah besar, Anda dapat membuat peluang pemasaran dengan menampilkannya dalam blog populer. Identifikasi 3-5 blog sebagai target pasar Anda kemudian Anda  bisa menghubungi penciptanya dan menawarkan beberapa ide tentang bagaimana Anda akan membawa nilai bagi pembaca. Anda bisa:

– Menunjukkan kemauan baik dengan menawarkan pemilik blog beberapa produk atau layanan gratis, yang mana mereka dapat berikan kepada tamu mereka sebagai hadiah. Ini berbeda daripada meninjau kembali sebuah produk yang hanya memberikan informasi.

– Mengirimkan ide untuk posting blog yang Anda ingin tulis dan menjelaskan mengapa mereka akan bisa membantu pembaca mereka.

– Tanyakan juga apakah Anda bisa mewawancarai mereka untuk situs Anda. Ini mungkin bisa saja menarik manajer blog untuk mempromosikan isi/bagian Anda karena menyoroti bisnisnya.

4. Membuat video di YouTube

Lebih dari 800 juta pengunjung unik perbulan, YouTube bisa menjadi pondasi yang kuat untuk pemasaran bisnis online. Untuk melakukannya, posting video sederhana secara acak mengenai produk Anda atau bagikanlah apa yang Anda pikirkan.

Video pemasaran Anda harus mencakup unsur-unsur berikut:

– Sebuah kata kunci-judul pencarian

– Sebuah pesan editorial yang jelas (jangan mencoba untuk untuk menyelesaikan terlalu banyak dalam satu video)

– Sebuah ajakan untuk bertindak (memberitahu pengunjung untuk melakukan sesuatu seperti berlangganan ke saluran Anda)

5. Menulis e-book tentang masalah terbesar dalam industri Anda

Anda tidak lagi menbutuhkan perusahaan penerbitan atau dana yang banyak untuk mendistribusikan buku. Amazon misalnya, akan membiarkan Anda mengupload buku digital secara gratis dengan mengambil 33% dari setiap penjualan. Tujuannya bukanlah untuk mengambil keuntungan dari penjualan buku, tapi menggunakannya sebagai alat memimpin untuk generasi selanjutnya, mendorong pembaca untuk memilih ke situs web Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bahkan pengusaha terikat waktu yang bukan penulis besar harus mempertimbangkan ini. Anda dapat mencari situs-situs seperti E-Lance atau Odesk untuk menyewa pangarang yang terjangkau yang dapat membantu Anda mengkonversi posting blog Anda atau rekaman audio ke format buku.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s