10 Cara Untuk Menarik Pelanggan Baru

Posted on Updated on

Image

Apakah saat ini Anda bingung mencari cara untuk meningkatkan penjualan Anda? Apakah Anda kesulitan menarik pelanggan baru? Menemukan pelanggan baru adalah sebuah tantangan penting dalam bisnis. Jika Anda sedang mencari cara untuk menarik pelanggan baru, berikut ini 10 cara untuk menarik pelanggan baru:

1. Berikan sesuatu

Setiap kali Anda memberikan sesuatu, Anda akan mendapatkan prospek lebih sebagai imbalannya. Semakin tinggi “hadiah” yang Anda berikan, semakin banyak pula klien yang akan datang. Untuk berhasil dalam dunia bisnis, Anda tidak boleh takut untuk mengeluarkan biaya. Biaya yang Anda keluarkan bisa jadi setimpal dengan keberhasilan yang Anda dapatkan.

2. Temui berbagai orang

Tentu Anda pernah memiliki pelanggan yang berasal dari pelanggan sebelumnya, atau pelanggan tersebut memang sudah orang yang Anda kenal. Itulah keuntungan dari bertemu dengan berbagai orang, yaitu network atau jaringan Anda akan lebih luas.

Beberapa orang akan menyarankan Anda untuk mengikuti event-event bisnis atau sejenisnya, tetapi bertemu dengan orang-orang yang tidak terkait dengan bisnis juga bisa memberikan keuntungan bagi Anda.

3. Melihat kembali laporan penghasilan dan produk Anda

Anda sudah melakukan berbagai cara, namun pelanggan baru Anda tidak juga kunjung datang. Hal ini mungkin disebabkan bukan cara Anda yang salah, namun mungkin produk atau cara penjualan Anda yang salah. Lihat dan cek kembali “database” Anda apakah ada kesalahan. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat melakukan survey, kuesioner dan sejenisnya untuk meminta pendapat orang-orang disekitar Anda. Cara ini juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

4. Buat sesuatu yang unik

Buatlah sesuatu yang berbeda dari perusahaan atau pesaing lainnya. Hal itu akan menyebabkan produk atau layanan Anda lebih terkenal. Misalnya Anda dapat memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik dari pesaing Anda, hal itu akan menyebabkan orang-orang menyadari kelebihan Anda dan kembali lagi ke tempat Anda bersama teman-temannya. Seperti perkataan umum bahwa “kita tidak akan menjadi seorang yang benar-benar sukses selama kita terus mengikuti orang.”

5. Tunjukkan keahlian Anda

Demonstrasikan dan tunjukkan keahlian Anda. Jika Anda adalah seseorang yang pintar menulis, buatlah sebuah blog, cerpen dan sebagainya. Jika Anda adalah seseorang yang pintar berbicara, buatlah sebuah rekaman. Jika Anda adalah seseorang yang pintar berbisnis, tunjukkanlah ke orang lain dengan ide Anda.

6. Gunakan teknologi

Zaman sekarang, teknologi merupakan sesuatu yang sangat penting dan telah menjadi kebutuhan utama. Banyak sekali alternatif pemasaran terkait teknologi seperti iklan online, email marketing, dan sejenisnya. Mungkin yang paling mendasar adalah dengan membuat company profile.

7. Buat sebuah perlombaan berhadiah

Anda bisa membuat sebuah perlombaan berhadiah, hal ini tentu merupakan salah satu alternatif terbaik dalam menarik pelanggan baru. Misalnya Anda dapat meminta orang-orang memberikan komentar mengenai web Anda, lalu memintanya untuk memberitahukannya ke teman-temannya. Dan sebagai gantinya Anda akan memberikan hadiah bagi yang mengajak teman terbanyak.

8. Membuat sebuah acara

Acara merupakan salah satu alternatif untuk menarik pelanggan baru.  Dengan cara ini, maka partisipan atau sponsor akan dapat mengetahui bisnis atau layanan yang Anda sediakan.

9. Menggunakan strategi pemasaran yang berbeda-beda

Buatlah sebuah strategi pemasaran yang mencakup penggunaan teknologi seperti email marketing, media sosial atau word-of-mouth. Melalui hal tersebut, cobalah menemukan strategi pemasaran mana yang paling cocok untuk produk dan bisnis Anda.

10. Temukan mitra bisnis

Salah satu cara tercepat untuk menarik pelanggan baru adalah dengan menemukan seorang mitra bisnis yang dapat membantu Anda. Mungkin Anda sudah sering melihat hal ini di dunia bisnis, dimana perusahaan yang satu bekerjasama dengan perusaahan lain baik dalam iklan atau produk. Bahkan, akusisi juga merupakan salah satu bentuk partner bisnis, hanya saja ia merupakan bentuk yang jauh lebih kuat.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s