Membongkar Kiat Sukses Berbisnis Ala Cina

Posted on Updated on

Image

“Di dunia ini tidak ada orang yang lebih kaya daripada orang Cina”

Ucapan dari Ibnu Batutah di atas agaknya tidaklah terlalu berlebihan. Mengapa? Coba lihat perusahaan-perusahaan besar, tidak sedikit kita menemukan orang Cina sebagai bos di sana. Berbelanja ke toko elektronik pun tidak jarang kita temui orang Cina sebagai pemiliknya. Jarang sekali kita menemukan orang Cina-di Indonesia- sebagai karyawan kecil. Kebanyakan mereka sukses berbisnis bahkan di tengah negeri perantauan. Apa sebenarnya rahasia di balik suksesnya anak cucu Tirai Bambu tersebut? Mengapa berbisnis menjadi pilihan hidup mereka?

Warisan Ilmu Orang Tua Cina

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Begitu pula yang terjadi pada orang Cina. Kesuksesan berbisnis pada orang tua diwariskan pada anak. Bukan soal nama besar perusahaan atau kekayaan melimpah, tetapi mengenai cara menjalankan hidup dengan mental seorang pengusaha. Berikut warisan dari para orang tua Cina dalam meraih kesuksesan:

  • Say No to Deficit

Strategi hidup yang satu ini telah diwariskan turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya. Bagi orang Cina pantang membelanjakan uang melebihi pemasukan yang didapat. Bagi mereka tidak peduli seberapa besar uang yang mengalir ke kantong mereka, semua pengeluaran harus tetap diatur sedemikian rupa agar tidak sampai melebihi jumlah yang dianggarkan. Tidak ada berbelanja karena keinginan sesaat, semua harus diperhitungkan dengan teliti.

Bagi orang tua Cina, hidup sederhana dan hemat harus tetap dijalankan oleh anak-anak mereka. Agar mereka mengerti bahwa kesuksesan harus dicapai dengan usaha dan kerja keras. Karena itu mempertanggungjawabkan pengeluaran secara rasional sudah diajarkan sejak dini.

  • Berhitung dan Memperhitungkan

Berbisnis tentu saja berkaitan dengan ilmu hitung menghitung. Berhitung dan memperhitungkan menjadi modal agar tiap pengusaha dapat membuat rencana matang mengenai anggaran masuk dan keluar, karena itu orang tua Cina telah mengajarkan anak-anak mereka untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran uang saku mereka secara teliti.

  • Hidup Mandiri

Kemandirian telah ditekankah orang tua Cina pada anak mereka, tidak segan mereka mengajak anaknya untuk bekerja membantu usaha keluarga lalu menggajinya agar anaknya tersebut bisa belajar hidup mandiri.

  • Jangan Mau Jadi Pegawai

Inilah mental utama yang menjadi dasar mengapa berbisnis menjadi pilihan hidup orang Cina. bagi mereka lebih baik menjadi bos kecil daripada karyawan besar. Setidaknya menjadi seorang bos akan membuka peluang untuk mengembangkan apa yang mereka usahakan dan menjanjikan kebebasan yang tidak didapat ketika mereka memilih menjadi karyawan.

  • Kejujuran adalah Harga Mati

Dalam berbisnis, profesionalisme harus ditunjukan dengan kejujuran. Prinsip itulah yang diajarkan  turun temurun di lingkungan orang Cina. Berbuat curang dan kotor sangat dihindari oleh mereka.

Prinsip Dasar Berbisnis Orang Cina

Ketika berbisnis, tentu kita harus memiliki prinsip dasar yang menjadi pegangan agar usaha kita berjalan dengan baik. Berikut adalah prinsip dasar berbisnis yang dijalankan oleh orang Cina:

  • Senantiasa berhemat
  • Kerja keras dan kerja cerdas
  • Bersikap fleksibel terhadap lingkungan sekitar
  • Memutar aliran uang yang masuk agar tidak terjebak inflasi dan terus bertambah
  • Memiliki prinsip yang kokoh dalam menjalankan bisnis
  • Menghargai waktu, baik hari maupun jam
  • Berani mengambil resiko

Itulah kiat sukses berbisnis ala orang Cina. Tidak mudah memang tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Sekarang tinggal kita memilih, apakah mau memulainya atau tidak. Selamat menjadi bos!

Oleh: Dhemaz F. H
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s