Mencari Ide Bisnis Ternyata Mudah!

Posted on Updated on

Image

Dalam memilih ide untuk berbisnis, terkadang kita dibuat bingung sendiri, mencari–cari ide apa yang bisa membuat bisnis kita sukses, sampai pada akhirnya kita mentok, dan tidak juga memulai usaha.

Nah, berikut adalah tips untuk mendapatkan ide dengan cara meniru:

1. Tiru bisnis sesuai hobi

Hobi dapat dijadikan modal untuk kita mendapatkan ide untuk berjualan. Banyak pengusaha sukses berhasil dengan bisnisnya yang dimulai dari hobi. Jika Anda memiliki hobi melukis, Anda bisa membuka bisnis galeri, jika Anda suka mengutak-atik kendaraan, Anda bisa membuka bengkel, atau jika Anda memiliki hobi berbicara Anda bisa membuka bisnis jasa, seperti MC. Banyak potensi dalam diri kita yang dapat kita eksplorasi menjadi sebuah bisnis.

2. Tiru bisnis sesuai hati (passion)

Tidak jauh berbeda dengan hobi, tiru bisnis sesuai hati dapat diartikan pula dengan bakat alami atau sesuatu yang ketika kita melakukannya akan selalu merasa bahagia. Bisa saja Anda memiliki bakat desain yang dapat mengantarkan Anda untuk berbisnis fashion, atau Anda suka memasak yang dapat membantu Anda dalam berbisnis kuliner atau restoran, jika Anda menyukai travelling, Anda pun bisa saja membuka bisnis tempat wisata atau fotografi.

3. Tiru bisnis di lingkungan sekitar

Meniru bisnis di lingkungan sekitar bisa dimulai dari daerah tempat tinggal Anda. Lihatlah daerah sekitar Anda, pasti memiliki ciri khas yang dapat dijadikan sebagai suatu bisnis. Misalkan Anda hidup di daerah perkebunan, Anda bisa ikut untuk memasarkan sayur-mayur yang ditanam para petani atau menjadi pengumpul sayur-mayur dan memasarkannya ke daerah yang sulit menemukan sayur-mayur, jika Anda tinggal di daerah pesisir pantai menjadi pemasok ikan dapat dijadikan pilihan bisnis yang menarik. Membuat penginapan pun dapat dijadikan bisnis yang menarik jika Anda tinggal di daerah wisata. Banyak pilihan bisnis yang dapat kita tiru dari lingkungan sekitar, hanya saja perlu kepekaan Anda untuk menangkap peluang tersebut.

4. Tiru bisnis sesuai pasar

Tentukan target pasar. Lihat bisnis–bisnis yang berkembang sesuai dengan target pasar Anda, tiru dan mulailah untuk berbisnis. Semakin Anda inovatif dalam mengembangkan produk Anda, semakin besar bisnis Anda. Misalnya, bisnis di bidang  fashion, jika saat ini yang menjadi trend adalah pakaian Korea sedangkan Anda berbisnis di bidang busana muslim, Anda bisa menyatukan produk Anda dengan produk pakaian Korea. Bisa saja diambil dari warna-warna pakaian Korea yang cenderung berwarna pastel untuk dijadikan warna-warna di produk Anda, tentu saja tidak menghilangkan ciri khas produk busana muslim Anda. Dengan begitu, produk Anda dapat berkembang sesuai pasar dan akan bertambah pula peminatnya.

 5. Tiru bisnis unik

Bisnis yang unik akan selalu menarik perhatian konsumen. Identik dengan produk yang berbeda dan cenderung tidak ada di tempat lain. Konsumen otomatis akan selalu memilih produk Anda. Misal dalam bisnis kuliner, Anda membuat Ice Cream goreng, Ayam Bakar rebus, atau menu unik lainnya untuk dijadikan produk utama Anda.

Ide bisnis dapat Anda temukan darimana saja. Tiru bisnis sesuai hobi dan hati (passion) Anda. lihat dari lingkungan sekitar, disesuaikan dengan pasar atau meniru dari bisnis – bisnis unik yang sudah ada. Butuh ketekunan dan perjuangan yang besar untuk mengembangkan suatu bisnis. Apapun jenis bisnis yang Anda pilih, akan selalu berpeluang untuk sukses, tinggal bagaimana Anda yang menjalankannya.

Oleh: Nurul Afiatisyah
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s