10 Tips Membuat Anda Lebih PeDe

Posted on Updated on

Image

PeDe atau percaya diri merupakan suatu sikap yang sangat penting dimiliki setiap orang. Rasa percaya yang tinggi akan membantu Anda untuk sukses dalam pekerjaan, studi, pergaulan sosial, hubungan asmara, maupun bisnis Anda. Sayangnya tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, bahkan cenderung introvert dan malu untuk mengungkapkan pikiran mereka di hadapan orang lain.

Berikut ini akan dibahas mengenai tips meningkatkan rasa percaya diri sekaligus membuat Anda merasa yakin dengan kemampuan Anda sendiri, diantaranya:

1. Pahami kekurangan diri Anda, dan atasi kekurangan tersebut

Rasa percaya diri biasanya gagal muncul karena kekhawatiran Anda terhadap hal-hal di dalam diri Anda yang menurut Anda kurang dibandingkan orang lain. Kekurangan ini bisa berupa kekurangan fisik maupun psikologis. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, Anda harus terlebih dahulu memahami kekurangan diri Anda. Cobalah mengatasi hal-hal tersebut dengan kelebihan Anda yang lainnya. Contohnya Anda merasa minder karena memiliki tubuh pendek, Anda harus sadar akan kekurangan itu dan mencoba “berdamai” dengan diri Anda. Gunakanlah kelebihan Anda yang lain, contohnya kemampuan Anda untuk membuat orang lain tertawa, sehingga kekurangan itu tidak akan membuat Anda merasa minder.

2. Perhatikan penampilan Anda

Penampilan fisik selalu berkaitan erat dengan rasa percaya diri. Anda tidak perlu tampil mewah dan glamor dengan pakaian yang serba mahal, namun yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan penampilan Anda serta pilihan busana yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Berusahalah untuk selalu tampil bersih, baju disetrika dan bebas dari noda. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kebersihan kulit, kuku, dan rambut Anda. Gunakan juga deodoran setiap kali Anda beraktivitas. Dengan penampilan fisik yang bersih dan prima, maka rasa percaya diri Anda akan meningkat dengan lebih mudah.

3. Perhatikan postur tubuh Anda

Anda boleh percaya ataupun tidak, bahwa postur tubuh yang Anda tampilkan secara tidak langsung mempengaruhi kadar kepercayaan diri Anda. Jika selama ini Anda berdiri dengan posisi membungkuk, maka hal ini akan membuat Anda mengekang diri Anda sendiri untuk unjuk gigi di hadapan orang lain. Berdirilah dengan postur tegap, berjalan dengan mantap dan pandangan lurus ke depan. Bahasa tubuh dan postur seperti terbukti efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

4. Berkomunikasi dengan orang-orang terdekat Anda

Jangan pernah ragu mengungkapkan kekhawatiran dan ketakutan yang Anda alami dengan orang-orang terdekat Anda. Misalnya Anda bisa sharing dengan sahabat, keluarga, atau kekasih Anda. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan mendapat dukungan moral dari orang-orang terkasih, namun juga akan mendapat masukan berguna yang sangat ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

5. Belajar dari kesalahan

Ketakutan untuk mengulang kesalahan yang pernah Anda lakukan di masa lalu mungkin telah menghilangkan rasa percaya diri Anda. Untuk mengatasinya, Anda justru harus mempelajari lagi kesalahan-kesalahan tersebut sehingga tidak akan terulang lagi di masa depan. Anda juga harus ingat bahwa tidak ada orang yang sempurna di dunia ini dan semua pasti pernah melakukan kesalahan. Cobalah untuk mengubah pengalaman buruk tersebut dari suatu trauma menjadi sumber motivasi untuk menatap masa depan yang lebih baik.

6. Sadari kelebihan dan kesuksesan yang sudah Anda raih

Selain menyadari segala kekurangan fisik dan psikologis, Anda juga harus memahami dengan tepat apa saja kelebihan yang Anda miliki. Ingatlah juga berbagai kesuksesan yang sudah Anda raih, karena hal inilah yang menjadi sumber kekuatan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

7. Bersyukur atas semua yang Anda miliki

Syukurilah semua yang Anda miliki, baik itu fisik, non-fisik, material maupun non-material. Berbahagialah dengan apa yang sejauh ini Anda dapatkan. Ingat, janganlah selalu melihat milik orang lain, karena itu justru bisa menumbuhkan rasa iri hati dan membuat Anda merasa minder. Dengan mensyukuri semua milik Anda, maka Anda akan lebih mudah berdamai dengan diri sendiri dan meningkatkan rasa percaya diri.

8. Berpikir positif

Berpikir positif bisa membawa Anda ke hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah Anda duga.  Cobalah untuk selalu melihat nilai positif dari setiap hal yang Anda lakukan, meskipun dalam kondisi yang buruk sekalipun. Dengan berpikir positif, secara tidak langsung Anda akan mensugesti diri Anda untuk berhasil. Keberhasilan adalah poin penting yang bisa menaikkan rasa percaya diri.

9. Bantulah orang lain

Dengan membantu orang lain, Anda juga bisa memupuk relasi, hubungan baik juga meningkatkan rasa percaya diri. Ucapan terima kasih yang Anda terima dari orang lain bisa menjadi sumber energi yang membuat Anda lebih yakin akan diri Anda sendiri. Bantuan tidak harus berupa materi atau uang, namun bisa juga dalam bentuk yang paling sederhana seperti memberikan simpati dan menjadi pendengar yang baik bagi teman yang sedang sedih.

10. Sadari konsep “tak ada hal yang sempurna”

Jangan pernah menjadi orang yang sempurna, karena memang tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Jangan pernah khawatir dengan kekurangan yang Anda miliki serta kesalahan yang pernah Anda lakukan. Keinginan untuk menjadi sempurna justru bisa membuat diri Anda sendiri tertekan, stres dan berakibat pada turunnya rasa percaya diri. Cobalah untuk menerima diri Anda apa adanya, sadari kekurangan dan kelebihan Anda, maka Anda akan lebih mudah dalam meningkatkan rasa percaya diri.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s