Cara Mudah Membangun Kepercayaan Kosumen Dalam Bisnis Online

Posted on Updated on

Image

Dalam dunia bisnis, kepercayaan adalah kunci utama agar klien dan konsumen tidak kabur. Membiarkan konsumen atau pelanggan kabur, sama saja dengan menghancurkan usaha Anda pelan-pelan. Terutama dalam bisnis online, kepercayaan sangat diandalkan karena antara konsumen dan penjual tidak saling bertatap muka dan konsumen tidak bisa memilih produk secara langsung. Pastinya konsumen tidak ingin mengambil resiko dalam melakukan transaksi jual-beli dengan penjual toko online yang tidak bisa dipercaya.

Untuk meningkatkan jumlah pembeli selain dari sisi SEO (Search Engine Optimization) untuk mendatangkan traffic yang tinggi ke toko online atau website Anda, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan guna meningkatkan kepercayaan konsumen atau pelanggan agar tetap berbelanja di toko online Anda, yaitu:

1. Perhatikan desain web toko online Anda

Agar toko online Anda terlihat menarik, Anda memerlukan desain web yang memiliki tampilan yang bagus dan menarik. Menarik bukan berarti rumit dan mebingungkan pengunjung toko Anda, tapi menarik dari sisi penataan letak menu, navigasi, dan lainnya agar para pelanggan atau konsumen Anda nyaman berada di toko Anda. Jangan lupa memastikan desain web Anda dikerjakan oleh orang yang profesional.

2. Domain yang terpercaya

Jika Anda berjualan online menggunakan website atau blog sendiri yang masih gratisan, sebaiknya Anda menyisihkan uang Anda untuk membeli domain. Karena pelanggan atau konsumen cenderung lebih percaya terhadap toko online yang sudah memiliki domain sendiri yang terpercaya. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan platform pembuatan situs instan dan terjangkau yang mencakup domain.

3. Miliki alamat email khusus

Dengan memiliki alamat email, konsumen atau pelanggan merasa aman karena dengan mudah dapat menghubungi pemilik atau pengelola toko online kapanpun. Alamat email juga bukan asal-asal saja, karena banyak pelanggan yang lebih percaya jika alamat email menggunakan domain perusahaan tersebut. Sebisa mungkin tidak menggunakan alamat email gratis seperti @yahoo.com atau mungkin @gmail.com karena hal ini akan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap kualitas toko online Anda.

4. Info kontak harus lengkap

Jika Anda berjualan di website atau blog Anda sendiri, cantumkan selengkapnya info kontak Anda secara lengkap agar memudahkan pelanggan atau konsumen menghubungi kapanpun dia memerlukan Anda. Sertakan alamat, kota domisili, nomor telepon/handphone, email, jika perlu cantumkan juga alamat messenger Anda seperti YM, BBM, Whatsapp, dan sebagainya. Toko online Anda mungkin tidak mempunyai fisik bangunan yang bisa didatangi pelanggan, oleh karena itu sebegai pemiliknya, Anda harus menumbuhkan kepercayaan pelanggan dengan menunjukkan bahwa Anda bertanggungjawab penuh akan layanan di toko online Anda.

5. Paparkan profil perusahaan secara lengkap

Tampilkan profil lengkap Anda di halaman “About Us”/”Tentang Kami”. Anda bisa mencantumkan foto atau video profil yang Anda punya, bisa mengenai pemilik atau produk dan jasa Anda. Dengan membaca profil perusahaan, maka konsumen atau pelanggan Anda tidak akan ragu membeli produk dari toko online Anda.

6. Sertakan testimoni

Testimoni pelanggan Anda akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan calon konsumen Anda terhadap toko online Anda. Usahakan memasang testimonial asli dengan menyertakan alamat email atau kontak, dan jangan pernah memasang testimonial palsu di toko online Anda.

7. Kualitas gambar produk

Mungkin Anda pernah berbelanja online  dan menjadi ragu untuk membeli hanya karena foto/gambar produk yang ditampilkan jelek dan tidak jelas. Hal ini merupakan hal yang patut untuk diperhatikan karena yang dicari konsumen atau pelanggan Anda adalah produk Anda. Sediakan kualitas gambar produk yang bagus untuk memberikan gambaran jelas dan jika perlu sediakan juga lebih dari satu foto/gambar dari satu produk. Contohnya untuk satu produk, ambil gambarnya dari sudut yang berbeda atau detil bahan serta bagian dalamnya.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s