Menggunakan Twitter Sebagai Alat Penjualan dan Pemasaran

Posted on Updated on

Image

Dalam bukunya Ultimate Guide to Twitter for Business, pakar pemasaran online Ted Prodromou menawarkan panduan mudah untuk membantu pemilik usaha kecil memimpin dan berhubungan dengan pelanggan. Dalam kutipan yang diedit, penulis menawarkan 10 ide efektif menggunakan Twitter sebagai alat pemasaran dan penjualan.

Bisnis menemukan bahwa Twitter adalah alat yang sangat efektif untuk pemasaran, penjualan, pendukung teknis dan pendukung pelanggan. Calon pelanggan dan pelanggan berbicara tentang Anda dan pesaing Anda di Twitter, sehingga Anda harus mendengarkan apa yang mereka katakan dan mengadaptasi strategi Twitter Anda untuk menanggapi percakapan mereka. Anda juga dapat menggunakan Twitter secara proaktif mempromosikan merek Anda, memimpin, mempromosikan acara perusahaan dan terlibat dengan pelanggan dan calon pelanggan secara nyata.

Dibawah ini beberapa ide unik dalam menggunakan Twitter sebagai alat pemasaran:

1.       Promosikan merek Anda dengan mengoptimalkan profil Twitter Anda

Cara mempromosikan yang paling mudah adalah dengan cara:

  • Gunakan logo Anda sebagai gambar profil Anda
  • Gunakan nama merek Anda sebagai “kemudi” dan username Twitter Anda
  • Tambahkan URL website Anda di profil Anda
  • Gunakan nama merek Anda sebagai hashtags Anda dan memasukkannya ke dalam semua tweets 

2.       Mempromosikan webinars, konferensi, kelas pelatihan dan acara lainnya yang disponsori oleh perusahaan Anda

Tulis tweet-tweet yang mempromosikan suatu acara dan menyertakan link halaman arahan dimana pelanggan dapat mendaftar untuk acara tersebut. Gunakan halaman arahan terpisah untuk setiap acara dan lacak hasil Anda.

3.       Menampilkan logo Twitter secara menyolok di website Anda dan mendorong orang untuk mengikuti Anda di Twitter

Tambahkan juga link ke halaman Twitter Anda di footer email Anda, blog Anda dan dalam newsletter email Anda. Lakukan secara terus menerus untuk meminta orang-orang mengikuti Anda dalam semua materi pemasaran Anda.

4.       Jika waktunya tepat, tawarkan diskon di tweet Anda

Twitter juga telah menjadi alat penjualan yang sangat efektif untuk bisnis B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer). Dalam penjualan B2B, Twitter membantu Anda di depan calon pelanggan Anda ketika Anda memiliki siklus penjualan yang panjang. Dalam penjualan B2C, Anda dapat mempromosikan tweet dan kode kupon. Anda dapat menciptakan kontes untuk menghasilkan penjualan.

Berikut ini beberapa ide untuk menggunakan Twitter sebagai alat penjualan:

  • Mendengarkan!

Pantau nama-nama merek pesaing Anda dan hashtags untuk melihat apa yang orang katakan tentang mereka di Twitter. Jika Anda melihat tweet-tweet negatif tentang produk atau jasa mereka, gunakan ini sebagai titik penjualan yang kompetitif. Dengarkan komentar positif dan negatif tentang produk dan jasa Anda. Segera ubah sentimen negatif menjadi sentimen positif.

  • Libatkan mereka dalam percakapan publik

Kirim mereka link produk atau video untuk memperkenalkan mereka mengenai produk Anda.

  • Mengadakan kontes untuk menghasilkan penjualan

Anda bisa memiliki gambar tweet mereka yang menggunakan produk Anda dengan pemenang yang menerima diskon untuk pembelian mereka selanjutnya.

  • Tweet kupon diskon

Salah satu pencarian paling populer di Twitter search  adalah :”kode kupon” untuk mereka dan produk tertentu.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s