Yang Harus Anda Katakan di Twitter

Posted on

Image

Dalam bukunya Ultimate Guide to Twitter for Business, pakar pemasaran online Ted Prodromou menawarkan panduan mudah untuk membantu pemilik usaha kecil memimpin dan berhubungan dengan pelanggan. Dalam kutipan yang diedit, penulis menawarkan ide Tweet bagi pengusaha yang mengembangkan pengunjung Twitter.

Tweets adalah seperti barisan subjek pada email Anda. Baris subjek email yang baik biasanya kurang dari 100 karakter. Menggunakan proses berpikir yang sama ketika mengirim sebuah tweet dan dalam waktu yang singkat, Anda akan mendapatkan ketakutan yang lebih dari tweeting.

Anda ingin membuat tweets bisnis Anda menarik sehingga orang akan mengikuti Anda? Anda ingin orang mengklik link yang Anda tambahkan ke tweet Anda? Tetapi dengan catatan, Anda tidak ingin menyinggung perasaan orang-orang dengan perilaku tidak profesional. Jika Anda masih “terjebak”, berikut ini adalah beberapa ide untuk membantu Anda membuat tweets sehingga follower Anda menikmati.

1.       Baca tweets orang lain dan salin apa yang mereka lakukan

Ini adalah hal yang paling mudah dan paling jelas yang dapat dilakukan. Anda dapat menemukan orang-orang untuk mengikuti dengan menggunakan (#) di akun Twitter Anda ketika Anda dapat menemukan pengguna Twitter di setiap kategori.

Anda dapat memulainya dengan melakukan retweeting dan menambah komentar Anda ke tweet. Ketika Anda retweet tweet seorang pemimpin bisnis, orang-orang tanpa sadar menghubungkan Anda dengan orang tersebut, menambah kredibilitas Anda. Jika Anda terus-menerus Retweet tweet ahli lainnya dan menambah sedikit “value”, dengan seringnya orang akan menjangkau Anda dan mulai Retweet tweet Anda.

2.       Tweet berita

Twitter adalah tempat pertama Anda menemukan berita dari sekitar dunia. Apakah ini berhubungan dengan plotik, bisnis, olahraga atau bencana alam. Anda dapat mengikuti saluran media populer seperti @cnnbreak, @nytimes atau lainnya. Anda juga dapat Retweet sebuah peristiwa atau membuat tweet baru dengan link ke berita mereka. Anda akan membantu memberitahu Twitterverse Anda mengenai berita dan orang-orang akan tahu Anda adalah seseorang yang memiliki berita terupdate. Anda juga dapat tweet mengenai berita industri Anda yang akan menambah kredibilitas Anda. Jangan lupa untuk menambah hashtags Tweet-tweet Anda, agar orang di Twitter yang tidak mengikuti Anda tetap memonitoring hashtags dan melihat Tweet-tweet Anda.

3.       Menjadi Kurator (ketua akuisisi, pengurus atau pengawas)

Kita semua membaca artikel mengenai industri dan pekerjaan kita di internet. Ketika Anda menemukan berita yang menarik dan kontroversial yang terkait dengan bisnis atau industri, Tweet link ke artikel tersebut. Dalam Tweet, katakan kepada pengikut, Anda apa yang Anda suka atau tidak suka mengenai artikel ini. Ini akan menambah wawasan Anda dan pengikut Anda.

Anda tidak perlu Tweet Artikel yang hanya Anda setuju saja. Bila Anda setuju dengan sebuah artikel, biarkan pengikut Anda tahu. Apabila ada yang tidak setuju dengan Tweet Anda, hal ini akan menyebabkan rangsangan percakapan Twitter dengan pengikut Anda. Percakapan ini akan sering memperluas Twitterverse Anda.

4.       Bantuan permintaan

Salah satu penggunaan yang paling populer di Twitter adalah untuk menjangkau dukungan. Setiap hari orang Tweet untuk menemukan solusi masalah mereka. Anda dapat memantau hashtags populer atau keyword yang berhubungan dengan produk atau industri Anda dan membantu orang ketika mereka memiliki pertanyaan. Ketika Anda membalas Tweet mereka untuk membantu mereka, orang-orang akan melihat Anda sebagai seorang yang ahli menyelesaikan masalah. Anda dapat mengirim link halaman web yang dapat memecahkan masalah atau membuat saran di Tweet Anda.

5.       Evaluasi, review, pendapat dari produk atau pelayanan

Ketika Anda berpikir mengenai pembelian produk atau pelayanan, Anda dapat menggunakan Twitter search  untuk melihat pendapat orang lain mengenai produk atau pelayanan. Anda dapat bergabung dalam percakapan dengan menjawab/membalas review mereka mengenai produk atau bertanya kepada mereka. Ketika Anda membeli produk atau jasa, Anda dapat berbagi pendapat dengan orang lain di Twitter. Sertakan hashtag yang relevan sehingga lebih banyak pengguna Twitter yang akan melihat review Anda.

6.       Promosikan perusahaan Anda

Anda dapat Tweet link-link mengenai perusahaan Anda. Kebanyakan topik yang paling populer bagi orang adalah mengenai :

  • Postingan blog yang baru
  • Akuisisi klien
  • Siaran pers
  • Lowongan kerja
  • Penghargaan/pengakuan
  • Penawaran spesial, penjualan atau diskon

7.       Menjadi penghubung

Twitter dapat juga digunakan untuk jaringan bisnis. Anda dapat memperkenalkan salah satu kolega/teman sejawat kepada yang lain melalui sebuah perkenalan di Twitter. Hal ini sangat kuat karena menunjukkan kepada pengikut-pengikut Anda bahwa Anda memiliki hubungan baik dan bersedia untuk mengenalkan pengikut Anda satu sama lain di saat yang tepat. 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s