Bagaimana Membuat Struktur Bisnis Yang Baik?

Posted on Updated on

Image

Bagaimana membangun sebuah bisnis yang bisa berlangsung selama beberapa dekade? Dengan sedikit pengecualian, jawabannya adalah sama untuk setiap usaha kecil. Dan ini bukan benar-benar tentang biaya, melainkan mengenai struktur bisnis. Biaya akan mengalir secara alami dan efisien.

Banyak perusahaan publik beroperasi rabun dan memompa angka kuartalan mereka untuk meningkatkan harga saham mereka. Pemilik bisnis yang mengukur pertumbuhan dan kemajuan dalam beberapa tahun dan bukan bulan layaknya seperti kapal yang mudah untuk diarahkan. Lalu  bagaimana agar struktur bisnis tersebut menjadi baik?

  • Menetapkan kontrol keuangan yang kuat

Hasilkan informasi yang solid untuk pengambilan keputusan dan mengurangi risiko pencurian dan penipuan. Lakukan dengan sederhana, sampai Anda tahu dimana setiap sen yang dikeluarkan untuk apa dan Anda mengetahui bisnis Anda sudah tidak sehat.

  • Meminimalkan gangguan

Mungkin Anda pernah merasakan bagaimana Anda bisa terbebas dari rasa kekhawatiran sehari-hari. Cobalah untuk berkonsentrasi pada masa depan, membangun relasi, mengembangkan produk dan pelayanan baru. Pekerjakan orang-orang yang dapat dipercaya dan cerdas dalam menangani suatu masalah.

  • Meningkatkan penjualan

Jelas? Ya, tapi jangan pernah lupa bahwa perusahaan besar lebih sedikit berisiko dibandingkan perusahaan kecil.

  • Membuat variasi produk dan jasa

Melakukan lebih banyak promosi dan penjualan kepada pelanggan. Usahakan bentuk produk atau pemasarannya bisa mengurangi risiko kegagalan dan mempertinggi peluang perusahaan Anda untuk berkembang.

  • Melancarkan, mengkodifikasikan dan proses dokumen

Ciri dari perusahaan yang kuat adalah kualitas, konsistensi dan dokumentasi dari cara mereka beroperasi. Jika Anda ingin memiliki perusahaan yang lebih besar, lakukanlah hal tersebut saat ini.

  • Meningkatkan efisiensi

Kebanyakan bisnis dihargai oleh kelipatan dari pendapatan perusahaan. Setiap rupiah yang digunakan untuk perbaikan, akan menghasilkan uang yang lebih. Apakah itu lima tahun dari sekarang atau lebih.

  • Melindungi hak kekayaan intelektual Anda

Pastikan Anda memiliki hak yang diperlukan untuk merek dagang Anda, nama, desain, teknologi dan lain-lain. Menghabiskan dana pada seorang pengacara saat ini akan dapat menyelematkan modal Anda di kemudian hari.

  • Mempertahankan dan meningkatkan aktiva tetap

Menjaga jalan masuknya uang agar dapat digunakan untuk perbaikan aktiva tetap dan meningkatkan aktiva. Perluas operasi dan menjaga segala sesuatunya berjalan secara terarah dan teratur.

 

  • Mengurangi pergantian karyawan

Jangan banyak merekrut dan mengganti karyawan baru. Belajar saling menghormati, menciptakan menajemen yang adil dan cermat dalam mengambil keputusan.

  • Hindari persaingan harga

Meremehkan persaingan dapat memicu masalah yang dapat menghancurkan margin keuntungan Anda. Pelanggan Anda ingin memilih Anda karena keunggulan produk dan pelayanan Anda, bukan karena harga termurah.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s