Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses yang Berkualitas

Posted on Updated on

Image

Menjadi pengusaha sukses adalah impian semua pengusaha. Dan bagi Anda yang sudah sukses menjadi pengusaha, apakah Anda sudah menjadi pengusaha sukses yang berkualitas? Lalu apakah yang membedakan pengusaha sukses dengan pengusaha sukses berkualitas? Stephen Key, seorang penulis, pelatih pengusaha dan Co-founder InvenRight, LLC., menemukan perbedaan antara sesama pengusaha. Dia menyatakan bahwa setiap penguasaha sukses memiliki kualitas tertentu.

Berikut ini lima kualitas untuk menjadi pengusaha sukses menurut Key:

1.       Gairah tak tergoyahkan

Suatu saran, agar Anda melakukan apa yang Anda suka sepertinya menjadi agak klise. Banyak orang mengatakan “find your passion”. Namun, ternyata lebih mudah mengatakan daripada melakukan. Menjadi seorang pengusaha dibutuhkan komitmen dan dedikasi.

Jika antusias Anda terhadap produk atau jasa Anda sedikit, maka ini tidak akan membuat Anda bertahan melalui pasang surut. Jika Anda menemukan sesuatu yang Anda cintai untuk dibagikan kepada yang lain, maka cinta itu akan menjadi bahan bakar dan memberikan Anda tujuan.

2.       Pikiran yang terbuka

Menurut Key, para penguasa paling sukes yang dia kenal tidak pernah lupa untuk belajar dari orang lain. Mereka meminta nasihat, mereka fleksibel, mereka menyerap pelajaran yang dapat diambil layaknya sebuah spons. Takut gagal dapat menjadi pegangan Anda untuk mencapai visi, tapi kekakuan tidak akan membantu Anda.

3.       Keinginan menjadi seorang ahli

Pengusaha menyukai tantangan. Jika tidak, mereka akan memilih pekerjaan lain. Penguasaha yang berprestai mengerti manfaat untuk bertahan di industri yang sama dalam beberapa waktu sangatlah besar. Saat Anda menghabiskan waktu bertahun-tahun di industri yang sama, Anda akan mempelajari sejarahnya. Mengetahui apa yang telah dilakukan sebelumnya dapat membantu Anda mengidentifikasi bagaimana akan terus bergerak maju. Sementara Anda akan membangun suatu hubungan untuk mendukung Anda di masa depan, terutama ketika Anda ingin bersandar.

4.       Berwawasan masa depan

Pengusaha sukses selalu berpikir ke depan. Mereka mungkin menyimpang dari peta jalan mereka, dan itu tidaklah mengapa karena mereka memiliki satu tujuan yang bisa mencegah mereka terjebak. Tujuan Anda mungkin terus berkembang, namun jika Anda tahu kemana Anda akan pergi, kemungkinan besar Anda akan menemukannya dimana-mana.

5.       Ide yang terus mengalir

Memiliki satu proyek yang berjalan baik adalah hal yang sangat hebat. Tapi menurut Key,  pengusaha sukses yang saya kenal tidak berhenti sampai kesuksesan yang  dia capai saat ini. Sebaliknya, mereka terus-menerus bertanya pada diri mereka sendiri, “apa selanjutnya?”. Mereka memahami bahwa menjadi pengusaha sukses adalah pilihan gaya hidup, bukan tujuan. 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s