Trik Jitu Mengatasi 5 Ketakutan yang Sering Dialami Pengusaha

Posted on Updated on

Image

Ada banyak ketakutan dan alasan yang menghalangi Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan sebagai pengusaha. Namun keberhasilan dan kegagalan adalah sebuah pilihan. Akan selalu ada beberapa percakapan yang akan menahan Anda untuk sukses. Terserah Anda untuk mendengarkan atau menerobos dan membuat sesuatu yang hebat. Jadi, apakah yang menahan Anda? Jawabannya adalah rasa ketakutan Anda.

Berikut ini ada beberapa ketakutan yang paling sering dialami pengusaha beserta trik agar Anda bisa mengatasinya:

1.       Tidak percaya diri

Bagaimana mengatasinya? Kuncinya adalah membangun kemenangan kecil setiap hari sehingga Anda dapat memperoleh keyakinan yang Anda butuhkan untuk mendapatkan tujuan bisnis Anda. Contoh sederhana yang dapat Anda lakukan seperti tidak mengecek email masuk setiap jamnya atau menyelesaikan tugas sederhana setiap hari dengan batas waktu yang Anda tentukan sendiri.

2.       Berpikir bahwa Anda butuh produk, sebelum Anda dapat menjualnya

Anda berpikir bahwa Anda membutuhkan produk yang sempurna selesai dulu barulah kemudian Anda memulai menjualnya. Apakah Anda yakin itu benar? Ini seperti ketika Anda melihat seberapa banyak orang akan rela membeli produk Anda. Maka sebenarnya Anda sudah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membuat sesuatu yang tidak ada satu pun orang yang akan membelinya. Ya, Anda dapat menjual produk Anda sebelum Anda membuatnya.

3.       Menginginkan kesempurnaan

“Saya membutuhkan logo yang sempurna!” Itulah cerita yang diminta pengusaha kepada pembuat logo. Tidak ada yang peduli dengan logo Anda, atau ukuran font yang ada di website Anda.

Memang penting membuat sesuatu terlihat bagus. Tapi Anda bisa lakukan ini dengan melakukan upgrade dari waktu ke waktu. Tapi ini jauh lebih baik dan menguntungkan daripada meminta hasil sempurna dan tidak kemudian tidak melakukan apa-apa lagi.

4.       Mencari uang dari investor

Banyak pengusaha yang membangun usahanya dimulai dari utang dan membangun segala sesuatunya dengan semangat yang meluap dan suatu hubungan. Ini waktunya untuk kreatif dan mulai berpikir seperti seorang pengusaha daripada berpikir seperti seseorang yang bekerja di sebuah bilik. Keluarlah dari “kotak” Anda.

5.       Tidak mempunyai pengalaman dan pengetahuan untuk memulai

Dengan segala sesuatu yang tersedia secara online, apakah ada alasan bagi Anda untuk tidak belajar? Anda dapat menemukan seorang mentor, belajar gratis dari sumber-sumber online, atau meniru suatu proses sukses.  Ada begitu banyak jalan untuk menemukan pengetahuan dan memperoleh pengalaman yang Anda butuhkan untuk membuktikan bahwa Anda memiliki sesuatu untuk menjadi pengusaha sukses.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s