Yang Wajib Anda Ketahui dari Produk KW!

Posted on

Image

Siapa yang tidak mengenal produk KW? Pastinya hampir semua orang mengetahuinya. KW yang berasal dari kata Kwalitas, dimaknai sebagai produk imitasi. KW juga memiliki beberapa kelas yaitu KW 1, KW 2, KW 3, KW super, KW semi super dan seterusnya. Munculnya tiruan produk ini dilatarbelakangi karena mahalnya produk yang ditiru, munculnya produk terbaru ataupun ingin mencurahkan kreatifitas.

Produk KW ini sudah tersebar dimana-mana, bahkan di mall-mall besar pun banyak dijumpai produk KW. Banyak penjual yang salah kaprah menyebut suatu produk dengan sebutan KW 1, KW 2 dan seterusnya. Contohnya tas LV KW 2; seharusnya yang berhak mengeluarkan produk-produk yang disebut KW adalah jika produk tersebut diproduksi oleh produsen aslinya. Misalnya ada sebuah produk sebuah brand yang cacat produksi, bisa jadi produk tersebut tetap dijual dipasaran dengan menyebutnya kualitas KW. Namun hal ini sangat jarang jika ada produk branded cacat produksi dipasarkan karena biasanya dimusnahkan. Sementara produk-produk branded KW yang dijual dipasaran saat ini adalah barang palsu yang dibuat oleh pihak tertentu yang semena-mena membuat kelas tersendiri seperti KW 1, KW 2, dan seterusnya.

Apakah Anda tetap ingin menjual produk KW? Jika Anda ingin menjual produk KW, sebaiknya Anda patut mengetahui seluk beluk mengenai produk KW.

  • 1. Merugikan pemilik asli brand

Jika Anda menjual produk KW, sebaiknya Anda memiliki izin dari pemilik brand. Bisa saja pemilik asli brand  menyampaikan komplain langsung kepada Anda selaku penjual online maupun offline. Sang pemilik asli brand  bisa saja mengerahkan perangkat hukum ketika menegur Anda. Walaupun pemilik asli brand sudah dilindungi Hak Cipta, tapi tetap saja para pelaku tak gentar untuk membajak.

2. Merugikan konsumen

Bagi konsumen yang benar-benar fanatik produk asli branded, hal ini akan sangat merugikan. Konsumen fanatik produk asli branded akan rela mengeluarkan banhyak uang semi mendapatkan produk branded asli dan eksklusif. Namun karena banyak pemalsuan, produk yang eksklusif menjadi “pasaran” karena dari kawasan elite hingga lorong pasar sempit akan mudah dijumpai produk serupa dengan kualitas berbeda.

Kerugian juga dialami konsumen produk KW. Konsumen jenis ini tidak mengetahui jenis-jenis KW. Penjual bisa dengan mudah menyebut produk tersebut ori, padahal produk itu hanya produk KW semi super. Ada juga konsumen yang mengira produk KW adalah produk asli. Nah, kalau sudah begini, semua konsumen jadi dirugikan.

3. Merusak kreatifitas berkarya

Tanpa sadar, para pencipta produk KW dan palsu ini jika terus menerus menciptakan produk KW dan palsu, akan membunuh kreatifitas berkarya mereka. Padahal para pencipta pasti memiliki banyak modal dan bakat dalam menjalani bisnis tanpa harus mencontek. Namun respon pasar pasar yang baik mengakibatkan para pencipta tetap bertahan.

Jika Anda pintar mengasah kreatifitas, gigih dan pantang menyerah, Anda dapat menciptakan produk-produk lokal yang memiliki kualitas yang baik dengan harga yang bersahabat tentunya. Bahkan banyak brand-brand lokal yang sudah masuk pasar dunia, salah satunya adalah Peter Says Denim. Sebagai konsumen cerdas, Anda  juga bisa tampil menarik dan gaya jika pandai mempadupadankan meskipun bukan barang brande­d.

4. Sulit dikembangkan

Usaha kecil ingin dikembangkan agar mendapat profit yang lebih besar, tapi jika dikembangkan menjual produk KW juga berisiko. Seperti yang sudah disinggung di awal, tanpa izin sang pemilik asli brand, Anda akan sulit mengembangkannya. Tentunya produk-produk yang sudah memiliki hak cipta dan merek dagang tersebut bukanlah hak Anda.

5. Merusak mental bangsa

Beredarnya produk palsu dan KW tanpa disadari membuat Anda semakin jauh dari penghargaan akan sebuah karya dan hak cipta. Karena pembajakan seolah-olah telah menjadi budaya yang sudah terbiasa dan sama-sama dimaklumi.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s