20 Jurus Sukses Ala Bob Sadino

Posted on Updated on

Image

“Orang bodoh sulit mendapat pekerjaan sehingga dia terpaksa buka usaha sendiri. Dalam perjalanan bisnisnya agar semakin sukses dia harus merekrut orang pintar. Alhasil orang bodoh tadi jadi bosnya orang pintar.” (Bob Sadino)

Siapa yang tidak kenal dengan pengusaha satu ini? Celana pendek dengan baju lengan pendek seperti sudah menjadi ciri khas pria kelahiran Lampung, 9 maret 1933. Pria pemilik usaha Kemfood dan Kemchick ini terkenal cara “goblok”nya dalam berbisnis dan membagikan jurus-jurus saktinya agar menjadi pengusaha sukses. Anda ingin tahu jurus sukses ala Bob Sadino?

1.       Realisasikan ide secara maksimal

Pada kenyataannya, setiap orang memiliki potensi dan impiannya masing-masing. Namun kendala yang banyak dihadapi seseorang adalah impian-impian tersebut tidak pernah dicoba untuk direalisasikan. Sekecil apapun ide tersebut, tak ada salahnya untk mencoba. Ide-ide kecil yang terlaksana akan lebih baik daripada ide-ide besar yang belum diungkapkan.

2.       Berani memulai

Banyak yang takut untuk memulai. Alasannya adalah takut gagal, takut rugi, takut tidak bisa menjalani dan segala ketakutan lainnya. Ada juga yang merasa bahwa bisnis adalah dunia yang bebas dan pendapatannya tidak menentu. Inilah yang dapat menghambat seseorang untuk memulai bisnisnya.

3.       Jangan terlalu banyak analisis

Banyak anggapan mengenai pendapatan yang tidak pasti ketika berbisnis. Ini bisa menjadi penghambat langkah Anda. Kuncinya adalah JUST DO IT! Kalau soal hasil, itu semua tergantung dari kerja keras dan usaha Anda.

4.       Jangan ingin serba cepat dan instan

Sesuatu yang didapatkan dengan mudah akan menghilang dengan cara yang mudah juga. Semua butuh proses. Mie instan saja butuh proses sebelum bisa dimakan. Jika Anda ingin semua serba cepat dan instan, maka Anda tidak akan menjadi manusia tangguh.

5.       Bermimpi besar

Jangan pernah takut untuk bermimpi. Inspirasi ini bisa Anda lihat dari film ataupun kisah orang-orang sukses. Dalam film Sang Pemimpi, diceritakan bahwa kekuatan mimpi bisa menjadi pembakar semangat kita untuk meraih cita-cita. Ketiga sahabat ini memiliki mimpi besar untuk dapat melanjutkan study hingga ke luar negeri dan akhirnya tercapai. Kemudian kisah Bill Gates yang di awal karirnya bermimpi bahwa di setiap rumah akan memiliki komputer dan akhirnya semua terbukti.

6.       Jangan terpaku pada pendidikan

Jika Anda ingin membuka mata Anda, sebenarnya banyak pengusaha bisa sukses tanpa melihat latar belakang pendidikannya. Apakah Sujiwo Tejo sang seniman sukses memiliki latar belakang pendidikan dari sekolah seni? tentu bukan, karena latar belakang pendidikan beliau adalah matematika. Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir Anda ke depan, kecuali untuk karir di bidang pendidikan.

7.       Berpikir positif

Thomas Alfa Edison melakukan 999 kali percobaan dan semuanya masih gagal. “Aku berhasil menemukan 999 cara yang gagal dalam pembuatan lampu,” Thomas berkata. Ini menunjukkan kekuatan berpikir positif akan memudahkan langkah kita.

8.       Bekerja sama

Suatu kebohongan apabila ada seseorang yang mengatakan bahwa dirinya sukses atas udahanya sendiri. Kenapa? Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa bekerja sendirian. Pastinya didalam kesuksesan seseorang, terdapat orang-orang yang membantunya, baik secara langsung maupun tidak.  

9.       Tahu tentang kewirausahaan

Jika Anda ingin memasarkan produk Anda, tentunya Anda harus tahu pasar. Jangan sampai setelah terjun ke lapangan, Anda mengalami kebingungan karena tidak mengetahui keadaan sekitar.

10.   Fokus

Karena ingin sukses, mungkin saja Anda mengambil banyak spesialisasi usaha, sehingga hasilnya tidak maksimal. Jangan sampai Anda menjadi tidak fokus dan konsentrasi Anda terpecah. Masih untung jika Anda sukses, tapi bagaimana jika gagal?

11.   Peduli konsumen

Bob Sadino selalu memperhatikan konsumennya. Baginya pembeli adalah raja. Ketika dirinya mendapat cacian dari seorang pembantu rumah tangga, ia jadikan masukan bagi manajemen pemasarannya. Ia juga menjadikan keluhan konsumen sebagai masukan dan langkah perbaikan ke depannya.

12.   Utamakan kualitas

Bob Sadino sangat tidak ingin melihat konsumen menjadi kecewa karena membeli barangnya. Oleh karena itu ia menjaga kualitas barang yang dijualnya.

13.   Kerjakan dengan tuntas

Jika Anda mengerjakan sesuatu, kerjakan dengan sepenuh hati hingga tuntas. Jangan berhenti di tengah jalan karena akan menyianyiakan tenaga, waktu dan harta yang telah Anda keluarkan untuk memulai bisnis.

14.   Pandai menempatkan prioritas

Urutakan pekerjaan yang harus Anda lakukan berdasarkan prioritas sehingga pekerjaan tidak menumpuk.

15.   Kerja keras dan kerja cerdas

Kerja keras belum tentu kerja cerdas, begitupun sebaliknya. Banyak orang yang merasa telah bekerja keras namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Mungkin saja Anda belum bekerja secara cerdas.

16.   Jangan mencampuradukkan uang pribadi dan perusahaan

Jika ini terjadi, maka Anda akan bingung dalam membuat laporan keuangan. Sebaiknya Anda membuat rekening khusus untuk perusahaan Anda agar kelak memudahkan Anda dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan Anda.

17.   Jangan menyerah

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kegagalan merupakan bumbu kehidupan, kegagalan akan membuat seseorang menjadi lebih kuat dan tangguh.

18.   Selalu melibatkan Allah dalam setiap akivitas

Dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang. Dalam segala aktivitas yang Anda lakukan akan bernilai ibadah.

19.   Berperilaku baik

Dengan perilaku yang baik, banyak orang yang akan menaruh kepercayaan kepada Anda sehingga orang-orang akan percaya terhadap kredibilitas Anda. Dengan begini Anda akan lebih mudah masuk ke dalam lingkungan masyarakat.

20.   Harus mempunyai kemauan

Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada.  

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s