Ternyata Olahraga bisa Meningkatkan Kesehatan Bisnis Anda!

Posted on Updated on

Image

Anda pasti tahu, olahraga atau latihan kebugaran sangat penting bagi kesehatan kita semua. Tapi apakah Anda tahu jika ini juga baik untuk bisnis Anda? Elizabeth Robinson, seorang pelatih pribadi Philadelphia dan pencipta VitFit, dan pemilik City Gym Fitness di Washington DC, mengatakan aktivitas fisik secara teratur dapat membuat seorang pengusaha seperti Anda menjadi lebih baik. Bagaimana cara aktivitas fisik meningkatkan kesehatan bisnis Anda?

1. Bangun koneksi Anda

Apakah berolahraga di gym atau berpartisipasi dalam tim olahraga atau kebugaran dapat membantu Anda terkoneksi dengan calon klien atau memperkuat hubungan bisnis Anda? Robinson bertemu dengan beberapa investor bisnis atau klien melalui kegiatan kebugaran.

“Banyak hambatan terpecahkan ketika Anda keluar dengan seseorang,” kata Robinson. Latihan kebugaran membuka jendela kepribadian individu dan memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam cara yang sangat berbeda. Dan dampaknya adalah bisa saling belajar satu sama lain daripada Anda berada di kedai kopi dengan lebih dari secangkir kopi.

2. Dapatkan kreativitas Anda

Latihan kebugaran tidak hanya untuk otot, tapi juga meningkatkan kekuatan otak. Sebuah studi di tahun 2012 oleh Montreal Heart Institute menunjukkan latihan aerobik dapat meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini dikarenakan olahraga meningkatkan aliran darah ke otak Anda.

3. Mengurangi stres

Aktivitas fisik akan mengurangi hormon stres dan meningkatkan produksi endorfin. Melakukan latihan sebelum bekerja atau selama hari kerja memungkinkan Anda untuk mengerjakan pekerjaan dengan pola pikir yang tenang. “Semakin berkurang stres Anda, semakin membuat Anda menjadi benar-benar baik dan meghasilkan keputusan bisnis yang rasional,” kata Schembri.

4. Meningkatkan kepercayaan diri Anda

Apakah membangun bisnis akan melalui masa sulit? Melakukan latihan kebugaran yang kecil juga akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri Anda yang lebih besar dalam kehidupan bisnis Anda. “Melakukan latihan di setiap kehidupan Anda, membuat Anda merasa lebih sempurna di setiap akhir kegiatan yang Anda lakukan,” kata Robinson.

5. Mengatasi tantangan bisnis

Latihan tantangan seperti maraton dapat membantu pengusaha kembali belajar pentingnya penetapan tujuan dan tekad. Schembri berpartisipasi dalam maraton pertama ketika dia berumur 58 tahun dan mengatakan pelatihan yang dia jalani ini untuk mencapai tujuan kebugaran dan membantunya menjadi pengusaha yang lebih ulet. Menghapus kata ‘tidak bisa’ dari kosa katanya membuat pandangannya terhadap hambatan menjadi sebuah tantangan yang harus diatasi, ungkapnya.

6. Meningkatkan energi Anda

Sebuah studi di tahun 2008 yang diterbitkan oleh Journal Psychotherapy and Psychosomatics menyimpulkan bahwa orang tidak aktif biasanya mengeluh mengalami peningkatan kelelahan pada energi hingga 20% dan penurunan kelelahan sebanyak 65% dengan berpartisipasi dalam kegiatan rutin intensitas rendah. “Berolahraga secara teratur membantu Anda tidur lebih baik, dan jika Anda tidur lebih baik, Anda akan memiliki banyak energi sepanjang hari,” ungkap Schembri.

7. Belajar untuk melepas kendali

“Banyak pemilik bisnis berpikir bahwa mereka harus melakukan itu semua. Tapi ada banyak stres tak terkontrol akan haus kekuasaan dan pengambilan keputusan,” kata Schembri. Berpartisipasi dalam tim olahraga dapat mengajarkan pengusaha untuk mengontrol mengenai pentingnya mempercayakan orang lain untuk mengerjakan tugas-tugas penting. Ini membuktikan bahwa mereka tidak harus melakukan semuanya sendiri agar memiliki bisnis yang sukses.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s