6 Alasan Kenapa Anda Wajib Mempunyai Produk Digital

Posted on Updated on

Image

Saat ini pasar Indonesia menjadi semakin luar biasa bagi produk offline bahkan online. Penduduk Indonesia yang banyak ditambah dengan penetrasi internet yang mencapai 38.6% setiap tahunnya  dan berpotensi memunculkan produk-produk digital yang tidak terpikirkan sebelumnya. Menurut eMarketer, pengguna internet di Indonesia akan mencapai 102,8 juta orang pada tahun 2016.

CEO Google, Eric Schmidt, memperkirakan dengan banyaknya pengguna handphone sebanyak 180 juta ditambah penetrasi internet seperti saat ini, maka akan terjadi lonjakan pemakai internet sebentar lagi. Apakah Anda akan menjadi saksi sejarah atau bagian dari sejarah?

Jika Anda ingin berpartisipasi, mulailah menciptakan e-produk. Ini akan booming dalam 2-3 tahun lagi, bahkan bisa lebih cepat. Produk digital yang dimaksud adalah ebook, aplikasi, games atau yang lainnya. Kenapa Anda harus mempunyai produk digital? Berikut alasannya:

 

1.       Bikin sekali, dijual berkali-kali

Inilah karakteristik produk digital. Anda bisa membayangkan bahwa Anda adalah seorang penulis novel. Agar pembaca dapat menikmati novel Anda, Anda perlu berhubungan dengan publisher agar novel Anda dapat dicetak berkali-kali dan mendistribusikannya di toko-toko buku. Pendapatan yang Anda peroleh hanya 7%-10% dari total sales. Apakah sesuai dengan kinerja Anda selama ini?

Jika Anda membuat novel, lalu dibuat menjadi ebook/aplikasi. Anda tidak perlu mencetak berkali-kali agar orang bisa membaca ovel Anda. Cukup buat sekali dan jika ada yang ingin membeli, Anda cukup berikan link untuk download. Anda dapat melakukan hal sama untuk semua pembeli. Ribetnya cukup sekali, dan hasilnya bisa berkali-kali.

 

2.       Kesempatan untuk up-selling

Jika Anda mempunyai produk digital, maka Anda akan mempunyai kesempatan untuk up-selling produk Anda pada saat yang bersamaan. Contohnya adalah game online. Jual koin untuk upselling. Tawarkan kesempatan untuk mendapatkan produk Anda atau grade yang lebih tinggi dari yang mereka beli. Anda akan mendapatkan dua kali pembelian dalam satu tembakan.

 

3.       Kesempatan untuk recurring payment

Ini adalah jenis pembayaran yang dilakukan secara bulanan. Untuk beberapa jenis e-produk, Anda bisa menjualnya dengan sistem recurring dan bukan one time payment. Dengan melakukan ini, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

 

4.       Dapatkan harga yang lebih tinggi

Ini akan terjadi jika Anda mempunyai kekuatan yang lain ketika menjual eproduk yaitu Sales Page. Sales Page seperti salesman/saleswoman yang terus menggoda calon pembeli untuk segera membeli barang yang Anda jual. Di internet, calon pembeli Anda akan dibuat lupa oleh produk yang lain dan menjadikan produk Anda yang terhebat diantara semuanya. Kekuatan sales page ini akan membuat pembeli lupa  bahwa produk sejenis ini ada di toko offline dan dijual dengan harga yang lebih murah. Karena dengan membeli produk digital, pembeli hanya tinggal men-download atau menginstal dan tidak memerlukan biaya transportasi untuk keluar dari rumah.  

 

5.       Membangun jaringan dan list building

Ketika terjadi transaksi pembelian, pastikan mencatat email mereka ke dalam database Anda.  Dengan memanfaatkan email list ini, Anda bisa secara rutin mengirimkan informasi produk atau menjual produk yang sejenis.

 

6.       Anda tidak perlu menjual sendiri

Saat ini sudah banyak muncul digital product marketplace yang dapat Anda pilih. Ini adalah tempat dimana Anda bisa meletakkan ‘dagangan’ Anda. Bahkan ada juga sudah dilengkapi dengan payment system dan sistem affiliate yang baku. Ratusan bahkan ribuan affiliate akan membantu Anda menjual produk yang sudah Anda buat. Oleh karena itu buatlah produk Anda juga menarik di mata affiliate. Dengan memberikan komisi yang besar, ini akan menarik minat affiliate. 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s