7 Kebiasaan Tidur Mempengaruhi Kesuksesan Usaha Anda

Posted on Updated on

Image

Semua orang pasti tahu bahwa kurang tidur berbahaya bagi kesehatan. Kurang tidur akan mempengaruhi suasana hati, meningkatkan risiko gangguan kejiwaan dan depresi, penyakit jantung dan menurunkan kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda. Namun stres dalam menjalankan perusahaan dan jam kerja yang panjang membuat para pengusaha sulit untuk tidur dengan nyaman.

Dr. Lisa Shives mengatakan tidur selama tujuh sampai delapan jam adalah komponen penting dari kesuksesan bisnis pengusaha. “Tidur mempengaruhi fungsi eksekutif, yaitu daerah otak yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan, berpikir kreatif, memori dan waktu reaksi,” kata Shives.

Dengan kata lain, saat waktu tidur Anda berkurang, maka Anda tidak dapat bekerja pada potensi terbesar Anda dan tentunya akan menghambat kesuksesan usaha Anda. Berikut ini adalah kebiasaan tidur yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.

 

1.       Hindari alkohol sebelum tidur

Ketika alkohol dapat membantu Anda untuk tertidur, alkohol juga akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Alkohol juga dapat membangunkan Anda di tengah malam. “Banyak orang bangun setelah tertidur sekitar 4 jam, karena itulah waktu yang dibutuhkan untuk memetabolisme alkohol. Kemudian mereka akan sulit untuk tidur kembali,” ungkap Shives.

 

2.       Matikan alat elektronik sebelum tidur

Shives merekomendasikan mematikan gadget satu jam sebelum tidur. Gadget dapat memaksa otak Anda tetap aktif ketika Anda benar-benar membutuhkan waktu relaksasi terhadap tekanan sebelum tidur. Shives merekomendasikan agar menggunakan jam sebelum tidur Anda untuk melakukan hal yang menyenangkan dan santai seperti membaca buku atau mengobrol dengan keluarga Anda.

 

3.       Tulis tiga hal terbaik tentang hari Anda dan rencana esok hari

Shives mangatakan, “gunakan waktu beberapa menit setiap malam untuk merenungkan dan mengakui hal-hal baik yang terjadi pada Anda di hari itu. Dan ini akan membuat Anda dapat tidur lebih baik.”

 

4.       Menciptakan suasana tidur yang sempurna

Lingkungan tidur yang optimal adalah yang memiliki suasana gelap dan tenang. Pastikan suhu kamar tidur cukup dingin untuk menginduksi dan mempertahankan tidur Anda. “Anda akan menjadi mengantuk di malam hari apabila suhu tubuh inti Anda mulai drop,” ungkap Shives.

 

5.       Hindari olahraga berat di malam hari

Jangan pernah melakukan olahraga di larut malam setelah seharian bekerja. Hal ini bisa merusak tidur Anda. Anda bisa melakukan latihan ringan seperti Yoga karena ini akan mempermudah tidur Anda.

 

6.       Hindari cemilan manis sebelum tidur

Jika Anda makanan manis di malam hari, efek pada gula darah Anda dapat membuat Anda terbangun pada malam hari. Hal ini akan membuat Anda sulit tidur kembali. Kebanyakan para pengusaha sering makan berlebihan pada malam hari karena mereka tidak sempat makan siang. Salah satu cara terbaik untuk mencegah siklus yang tidak sehat ini adalah dengan sarapan yang kaya protein.

 

7.       Berhenti minum kopi delapan jam sebelum tidur

Minum terlalu banyak kopi tidak hanya membuat Anda menjadi imsonia dan tidur terputus-putus, tapi juga dapat memperburuk perasaan stres dan kecemasan. Ini karena kopi menghabiskan serotonim, yaitu senyawa kimia di otak yang membuat Anda merasa tenang dan bahagia.

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s