8 Tools Google Gratis untuk Kemajuan Bisnis Online Anda

Posted on Updated on

Image

Ternyata masih banyak yang belum paham bahwa Google bukanlah sekedar search engine semata. Selain itu Google Maps, Google Analytics, dan Gmail juga sudah dikenal oleh para pengguna internet, khususnya pebisnis online. Namun ternyata banyak tools Google lainnya yang belum diketahui banyak orang, terutama pebisnis online dan sangat signifikan untuk menjalankan sebuah bisnis. Berikut ini pendiri Web Advantage Hollis Thomases akan memaparkan delapan tools gratis yang sangat penting untuk berbisnis dan memajukan bisnis Anda.

  • Google Trends

Google Trends memberikan informasi mengenai terminologi atau istilah yang sedang ramai dibahas di masyarakat. Kata-kata kunci yang banyak dicari dan dibicarakan para pengguna internet tercatat dalam Google Trends ini. Ini akan menjadi pedoman bagi pebisnis saat menggunakan bahasa ketika pebisnis hendak melakukan pemasaran. Selain itu istilah-istilah ini dapat digunakan oleh pebisnis untuk menaikkan rating search engine saat mengisi konten di media sosial atau website.

  • Think With Google

Agar dapat diarahkan sesuai dengan kebutuhan dan segmentasi pasar, dalam mengembangkan sebuah bisnis dibutuhkan data atau riset. Think With Google adalah sebuah eksiklopedia mengenai bisnis dan pemasaran yang menyajikan informasi mengenai hal-hal yang sedang hits dan merebak dikalangan konsumen, pendekatan-pendekatan marketing, studi kasus tentang bisnis dan riset perusahaan.

  • GoMo

Berdasarkan hasil riset, 67% konsumen mengaku lebih terdorong melakukan pembelian melalui situs versi ponsel atau mobile site. Hal ini dikarenakan pengguna internet kebanyakan mengakses koneksi dari ponsel, smartphone, atau gadget. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pebisnis online untuk mengembangkan pangsa pasar mereka melaui mobile site.

GoMo adalah Google Mobile yang merupakan tools yang bisa membantu pebisnis dalam mobile site. Lama waktu yang diperlukan membuatnya hanya hitungan menit. Selain itu GoMo juga memberikan analisa tentang konten mana saja yang sesuai dan tidak sesuai untuk dimuat dalam mobile site.

  • YouTube’s My Business Story

Tools ini memudahkan pebisnis untuk membuat video berkualitas dengan mudah. Pebisnis hanya perlu membuat akun di YouTube dan mengunggah beberapa video pendek dan foto mengenai bisnisnya. Kemudian YouTube Business Story akan memberikan petunjuk melalui template-template jika Anda menambahkan grafik dalam musik video Anda.

  • Google+ Hangouts

Fitur live video chat dapat Anda temukan di Google+ Hangouts. Pebisnis dapat melakukan teleconference atau rapat online  dengan para kayawan melalui Google+ Hangouts. Apalagi pebisnis bisa bertanya jawab dan berinteraksi dengan para konsumen atau calon pembeli lewat tools ini.

  • Get Your Business Online

Walaupun suatu bisnis telah sukses berjalan secara offline, namun bisnis tetap membutuhkan website agar pemasaran menjadi lebih efektif ke konsumen. Bisa dikatakan, apapun bisnis yang Anda jalankan, Anda harus memiliki website untuk mempermudah konsumen memperoleh informasi produk. Get Your Business Story membantu para pebisnis dalam menciptakan website bisnis dalam hitungan menit, mendaftarkan domain dan hosting secara gratis selama satu tahun, serta menyediakan sumber referensi yang berisi panduan-panduan dalam mengembangkan bisnis baru yang baru berdiri.

  • Trusted Stores

Maraknya penipuan yang terjadi akibat toko online palsu membuat konsumen enggan dan berpikir ulang untuk membeli barang secara online. Kali ini Google akan memberikan solusi bagi toko online yaitu dengan Trusted Stores. Trusted  Stores membantu para pebisnis online dengan cara memberikan kenyamanan bagi para konsumen dan membantu meminimalisir kekhawatiran akan penipuan online. Sebuah toko online akan ‘diaudit’ melalui serangkaian tes. Jika lolos tes oleh tools ini, maka toko tersebut akan mendapatkan sertifikasi berupa badge dari Google’s Trusted Stores.

  • Google Apps for Business

Google Apps for Business layaknya seperti Microsoft Office yang memungkinkan pebisnis menjalankan pekerjaan sehari-hari menggunakan software secara online. Untuk fitur-fitur tertentu, pebisnis akan dikenakan biaya 5USD per bulan.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s