Seluk Beluk Kegagalan

Posted on Updated on

Image

Semua hal mungkin terlihat terkendali ketika Anda membuat rencana bisnis atau rencana keuangan. Namun ketika semua dijalani, Anda akan tahu bahwa melaksanankan apa yang sudah direncanakan dengan seteliti mungkin pun bisa saja berakhir berantakan dan sungguh melenceng dari rencana semula.

Kegagalan akan tetap berpeluang muncul meskipun Anda sudah menempuh berbagai cara untuk menghindarinya. Semua orang bisa mengalami kegagalan. Namun bagi pengusaha sejati, kegagalan harus dapat dikelola agar Anda menjadi pengusaha yang lebih baik lagi. Anda bisa belajar dari seorang pengusaha yang berpengalaman tentang semua yang perlu Anda lakukan untuk membuat usaha Anda tetap berjalan meski dihadang kendala. Kemampuan Anda dalam merencanakan skenario terburuk akan membuat Anda bisa mengatasi keadaan sulit yang tak terduga sehingga menjadi kunci keberhasilan Anda.

Matt Wilson adalah seorang pengusaha yang mengetahui seluk beluk kegagalan. Wilson juga berusaha keras memajukan usahanya yang dinamai Under30CEO. Perusahaan ini didirikan untuk menyediakan peralatan dan sumber daya untuk membantu para pengusaha yang bersemangat tinggi untuk meninggalkan rutinitas kerja sehari-hari dan mengambil alih kehidupan mereka.

Kegagalan Terbesar

Saat disinggung mengenai kegagalan terbesar, Wilson dengan mantap mengatakan, “Kegagalan terbesarku sebagai pengusaha terjadi di Under30CEO setelah aku mengabaikan misi kami sebagai pengusaha muda yang menginspirasi. Kami merasa frustasi karena pasar kami tidak merespon secara positif terhadap penjualan kami. Sehingga kami putuskan untuk mengadakan suatu kampanye besar-besaran demi melakukan rebranding dan mengubah nama perusahaan untuk menggabungkan audiensi yang lebih besar dan meninggalkan segmen di bawah usia 30 kami sebelumnya. Kami menghabiskan waktu yang lama serta uang yang banyak demi mencoba untuk memperluas pasar. Tetapi masih juga tidak ada orang yang tertarik membeli.”

Wilson menambahkan, tidak penting seberapa besar pasar Anda jika tidak ada yang suka dengan produk Anda. Ini bukan kesalahan pasar. Kami menghancurkan merek kami dan kembali ke merek yang lama dan meminta maaf kepada pelanggan lama yang ingin kami sambut kembali. Lalu kami menghabiskan waktu untuk mengenal lebih baik pasar kami daripada sibuk mencoba menjual barang kepada semua orang.

 

Tantangan terbesar bagi pengusaha muda

Menurut Wilson, tantangan terbesar bagi pengusaha muda adalah kredibilitas. Lakukan hal di hari ini yang akan membuat Anda lebih kredibel di masa yang akan datang. Jika orang-orang tidak membayar Anda atau berinvestasi pada Anda, maka berikan produk atau layanan Anda secara Cuma-cuma. Dapatkan testimonial/kesaksian pelanggan dan tunjukkan kepada pelanggan nilai apa yang akan Anda berikan kepada pelanggan Anda. Semakin banyak hal yang Anda miliki dan tawarkan, maka akan semakin baik pula bisnis Anda.

Tentang beberapa kesalahan pengusaha muda

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan pengusaha muda adalah mengabaikan rancangan tetang bagaimana mereka mendapatkan uang. Jika Anda belum memiliki model usaha, berarti Anda belum sepenuhnya berbisnis, dan itu hanya sebuah kesenangan. Kebanyakan investor mengeluarkan dana jutaan dollar kepada banyak perusahaan dengan harapan akan diakuisisi oleh Google. Tapi tanpa model usaha yang kokoh, Anda seperti membangun kastil di awan.

Investor berpengalaman dan pengusaha ulung dapat membantu dan membimbing generasi muda untuk mengatasi tantangan ini. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki keuangan dan fokus terhadap bagaimana cara menghasilkan aliran kas. Ada ribuan generasi muda yang ingin berhasil dan Anda hanya perlu bertanya.

 

Nasihat bagi para pengusaha yang membenci rutinitas kantor

Hampir semua pekerja kantor merasa rutinitas kantor sangat menjemukan. Mereka harus masuk pukul 8 pagi dan pulang pukul 5 sore. Para pengusaha bercita-cita tinggi harus bergaul dengan orang-orang yang menginginkan lebih dari sekedar rutinitas kerja. Dapatkan sebanyak mungkin teman yang seperti ini. Dengan begitu Anda tidak akan merasa sendirian di tengah jalan menuju sukses. Ketika Anda berhenti kerja, para pesimis akan mengurangi kepercayaan diri Anda. Jika Anda mempunyai kelompok pendukung, Anda akan dapat bertahan di masa-masa sulit.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s