3 Pengusaha Muda yang Memulai Bisnis Online dari Iseng-iseng

Posted on Updated on

Image

Dalam mencapai kesuksesan, semua pengusaha pastinya harus mampu membaca peluang yang ada. Harus gesit dalam mengambil kesempatan yang ada. Begitupun dengan 3 pengusaha lokal ini. selain pintar membaca peluang, ternyata usaha yang dijalankan mereka adalah usaha online yang dimulai dari iseng-iseng. Keisengan ini ternyata membuahkan hasil yang manis. Berikut ini adalah 3 contoh pengusaha muda yang memulai bisnisnya karena iseng.

1.       Nopan Dwi Gantara, www.TokoAcc.com

novan

Nopan merupakan seorang karyawan perusahaan teknologi dan informasi. Nopan yang memulai bisnis aksesori gadget orisinal sekitar 2010, awalnya hanya iseng mencari dan menjual ponsel Blackberry di sebuah forum jual beli.

Pria yang tinggal di Pondok Kopi, Jakarta Timur ini awalnya hanya googling untuk mencari supplier sendiri. Namun setelah kenal, lama-kelamaan menjadi tahu mana distributor utama produk yang ia jual. Saat ini jumlah transaksi aksesori gadget orisinal milik Nopan sudah mencapai angka 25 hingga 30 pembeli dalam satu hari.

2.       Dendy Reza Kusumo, Chiro Bike

dendy

Pemilik lapak Chiro Bike ini awalnya hanya iseng menjual lampu dan jersey sepeda di sebuah forum jual beli sekitar tahun 2008. Dendy yang saat ia masih berstatus sebagai karyawan mencoba peruntungannya dengan modal yang sedikit. Dan ternyata respon yang didapat cukup baik.

Di Chiro Bike, Dendy menangani hingga lima sampai 20 transaksi per hari. Barang yang dijual bervariasi mulai dari aksesori seperti helm dan baju, komponen atau spare part sepeda hingga full bike. Menurut Dendy, memiliki target yang jelas adalah yang penting dalam berbisnis online agar setiap penjual dapat mencapai targetnya dengan mudah dan lebih semangat. Tidak hanya asal iseng saja.

3.       Andru Akbar Karneji, Karneji Store

andru

Andru mengawali bisnis aksesori  kamera ponselnya juga dimuali dari iseng-seng dan coba-coba. Saat Andru melihat sebuah produk unik di sebuah marketplace lintas negara, dia memakainya sendiri untuk lensa ponsel kameranya. Dan ternyata lensa tersebut tidak cocok di ponselnya.

Pria yang bekerja sebagai auditor ini pun menjualnya di sebuah forum jual beli. Dua jam setelah diposting, ternyata responnya begitu bagus dan barang tersebut pun laku. Dari sinilah Andru memulai bisnis online dan mampu meraup omzet kurang lebih satu juta rupiah dalam sehari lapaknya di Kerneji Store. Ada sekitar 140 jenis barang yang Andru jual, seperti lensa fish eye, lensa panorama, hingga mini tripod.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s