12 Hal Penting Sebelum Berjualan Online

Posted on Updated on

 YEA_12halpenting

Sebagian calon penjual online terkadang merasa bingung saat akan membuka usahanya. Hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebelum berjualan online, itulah kebingungan yang dihadapi calon penjual. Berikut ini ada 12 hal penting sebelum Anda berjualan online.

1. Alasan

Sebelum Anda mulai berjualan online, sebaiknya Anda menemukan alasan yang tepat mengapa Anda berjualan online. Lalu cobalah mencari tujuan yang akan Anda capai.

2. Produk

Cari produk yang tepat untuk Anda jual. Lebih baik jika sesuai dengan passion serta hobi Anda.

3. Unik

Temukanlah keunikan produk yang akan Anda jual. Tujuannya adalah agar produk Anda mampu bersaing dengan kompetitor.

4. Riset pasar

Jangan lupa untuk mencari tahu siap target market yang tepat dan bagaimana tren produk di pasaran saat ini. Jangan sampai produk yang akan Anda jual sudah ‘basi’ dan tidak begitu laku di pasaran.

5. Pemasok

Jika Anda mengambil barang dari pemasok, Anda harus berhati-hati. Survei beberapa pemasok dan gali informasi sebanyak-banyaknya sebelum Anda deal dengan pemasok. Carilah pemasok yang memberikan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan.

6. Rencana usaha

Buat banyak rencana untuk bisnis online Anda. Masukkan segala resiko yang diprediksi akan bisa dihadapi. Jangan lupa juga membuat rencana jangka panjang maupun jangka pendek Anda.

7. Lokasi

Penting bagi Anda untuk menentukan lokasi berjualan Anda. Jika Anda memiliki modal yang besar, bisa membuat toko online sendiri dengan menyewa jasa developer untuk membuatkan website Anda. Namun jika Anda tidak memiliki modal yang besar, Anda bisa memanfaatkan media sosial gratis seperti Facebook, blog, atau menumpang di beberapa market place.

8. Handle pesanan

Agar memudahkan calon pembeli untuk berkomunikasi dengan Anda, sebaiknya cantumkan kontak Anda agar memudahkan calon pembeli untuk bertanya mengenai produk dan melakukan transaksi pembelian. Cantumkan nomor telepon, Pin BB, email, atau WhatsApp untuk mengelola pesanan pelanggan Anda.

9. Strategi promosi

Agar masyarakat tahu keberadaan toko online Anda, diperlukan strategi untuk mempromosikan toko online dan produk Anda. Anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, BBM, atau mengoptimalkan SEO Anda.

 10. Pembayaran

Jangan lupa untuk menentukan tata cara pembayaran yang akan Anda berikan kepada pembeli Anda saat bertransaksi. Selain itu cantumkan nomor rekening bank Anda. Usahakan mencantumkan berbagai variasi bank atau minimal bank yang paling sering dimiliki banyak orang.

11. Pengiriman

Pilihlah jasa ekspedisi yang akan Anda gunakan. Dengan variasi jasa ekspedisi akan memudahkan pembeli untuk memilih jenis ekspedisi yang diinginkan. Selain itu lakukan pengiriman secara cepat agar pembeli tidak ragu berbelanja kembali di toko online Anda.

12. Langsung jualan

Terakhir, inilah saatnya Anda langsung terjun dan menjalankan toko online Anda. Sembari menjalankan, Anda akan bisa mengevaluasinya. Anda akan menemukan hal-hal yang mungkin saja menghambat langkah Anda, dan inilah saatnya Anda belajar menyelesaikan masalah dan menemukan solusi yang tepat dari kendala-kendala itu.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s