6 Alasan Pembeli Batal Membeli di Toko Online Anda

Posted on Updated on

Image

Sebagai penjual, hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah mempengaruhi pembeli agar tertarik kepada tawaran penjual dan membeli barang di toko online. Bagaimana dengan Anda? apakah Anda sudah bisa mempengaruhi pembeli Anda? Toko online merupakan tempat pertemuan pembeli dan penjual. Apapun yang Anda cantumkan dalam toko online Anda, akan mempengaruhi keputusan pembeli untuk melakukan pembelian atau tidak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengelola toko online Anda dengan baik agar bisa meningkatkan penjualan.

Matt Winn, seorang pakar marketing menyebutkan bahwa ada enam penyebab toko online Anda sepi pengunjung dan pembeli pun enggan berbelanja di toko online.

1. Foto produk dan video sedikit

Dalam membeli secara online, pembeli tidak akan melihat atau memegang barang secara langsung produk yang ingin dibelinya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencantumkan foto atau video produk yang menarik agar bisa meyakinkan pembeli bahwa produk yang akan dibelinya berkualitas bagus. Tanpa foto dan video, pembeli akan ragu untuk membeli di toko online Anda.

2. Minimnya rekomendasi produk

Pembeli akan berpikir ulang jika produk yang dibelinya tidak ada rekomendasi atau testimonial positif dari orang lain. Ini sama saja Anda membeli kucing di dalam karung. Mintalah testimonial kepada pelanggan atau pembeli Anda sebelumnya untuk produk yang telah mereka beli. Bila perlu, minta pelanggan atau pembeli sebelumnya untuk mengirimkan foto mereka saat menggunakan produk Anda.

3. Kewajiban registrasi

Ada beberapa toko online yang mewajibkan pengunjungnya untuk memiliki akun sebelum membeli. Beberapa pembeli cenderung malas melakukan registrasi. Hal ini dapat mengakibatkan pembeli Anda malas melakukan registrasi dan bisa kabur ke toko online yang lain.

4. Tidak tersedia layanan customer service

Maraknya penipuan toko online membuat banyak pembeli menjadi waspada dan ekstra hati-hati sebelum berbelanja. Inilah alasannya kenapa banyak pembeli yang menjauhi toko online yang tidak menyediakan layanan customer service atau contact person yang bisa dihubungi jika ada masalah terutama masalah transaksi.

5. Desain toko online buruk

Penampilan adalah hal yang paling sering dilihat ketika Anda bertemu seseorang. Begitupun dengan toko online Anda. kredibilitas dan kompetensi seorang penjual sedikit banyak ditentukan oleh tampilan toko online yang dimilikinya. Reputasi yang baik bisa didapatkan oleh merek produk Anda jika toko online Anda memiliki tampilan yang bagus, menarik, unik, dan elegan. Jadi, jangan menganggap sepele terhadap penampilan toko online Anda. Meskipun simpel, namun harus tetap bisa menarik pembeli.

6. Tidak ada jaminan uang kembali

Bagi Anda yang menjual barang-barang mahal seperti elektronik, sebaiknya memberikan jaminan uang kembali. Pembeli tidak ingin mengambil risiko mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk mendapatkan barang cacat dan palsu. Bila Anda memberikan jaminan uang kembali untuk barang cacat atau rusak, maka ini akan menambah kredibilitas toko online Anda.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s