8 Konsep Psikologi Dalam Menjalankan Strategi Pemasaran (Part 2)

Posted on Updated on

Image

Dalam buku yang berjudul “Influence : the Psychology of Persuasion”, Dr. Robert Cialdini mengungkapkan beberapa konsep psikologi yang terkait dalam persuasi. Ternyata strategi pemasaran yang menyasar pada sisi psikologis manusia terbukti lebih efektif. Berikut 9 konsep psikologi yang membantu Anda dalam menjalankan strategi pemasaran.

5. Disukai

Jika manusia tertarik dan menyukai seseorang atau suatu hal, maka ia akan lebih mudah membuka dirinya dan berinteraksi dengan orang atau produk tersebut, ungkap Dr. Robert. Manfaat peluang ini dengan berusaha membuat toko Anda disukai calon pembeli Anda. misalnya Anda dapat menggunakan desain situs toko online yang unik dan menarik, foto produk yang dibuat secara menarik serta membuat sistem pelayanan toko online yang menyenangkan hati pembeli Anda.

6. Kelangkaan

Rasa takut yang dimiliki seseorang bila tidak mendapatkan sesuatu yang bagus adalah sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Apalagi jika suatu barang tersebut langka dan kualitasnya bagus, nilai barang akan semakin tinggi. Dua hal ini ternyata banyak dimanfaatkan oleh pemilik toko online.

Hal ini ternyata dimanfaatkan oleh bisnis penerbangan. Salah satu jenis penerbangan sedang melakukan promosi besar-besaran dengan menurunkan harga. Ketika promosi hampir berakhir, tim pemasaran memasang pengumuman sisa ketersediaan kursi. Kalimat pengumuman itu berbunyi “Tinggal 3 kursi lagi! Pesan sekarang!”

Sebaiknya Anda tidak perlu terlalu sering melakukan ini jika memang stok yang tersedia sedikit. Anda bisa melakukan konsep kelangkaan pada hari peringatan besar. Misalnya menjelang hari raya Idul Fitri Anda memproduksi mukena lukis. Untuk promosi, katakan kepada pembeli bahwa stoknya terbatas. Dengan begitu, pembeli akan cepat melakukan transaksi.

7. Recency illusion

Konsep ini mendefinisikan kondisi manusia yang memerhatikan suatu hal secara terus-menerus setelah mengetahui hal tersebut pertama kali. Dan rata-rata manusia mengalaminya. Kondisi ini dipengaruhi oleh psikologis manusia dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Sehingga manusia akan memerhatikan apa yang ia ketahui dimana pun ia berada.

Membangun kondisi ini bukanlah hal yang mudah. Menjadikan produk atau toko online dianggap sebagai ‘penarik perhatian’ memerlukan beberapa tahapan dan proses. Hal pertama yang harus dilakukan adalah usahakan agar toko online Anda dikenal luas masyarakat terlebih dahulu.

8. Verbatim effect

Menurut Dr. Robert, verbatim effect adalah kondisi umum yang dialami manusia di mana ia tidak akan mengingat secara detil setiap informasi yang ia temukan. Namun ia hanya mengingat garis besarnya saja. Kebanyakan orang-orang hanya selalu mengingat garis merahnya atau headline saja. Manfaatkan kondisi ini! Anda bisa mengimplementasikannya saat Anda membuat kalimat untuk promo Anda. 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s