5 Tanda Bahwa Anda Mampu Raih Kesuksesan Sendiri

Posted on Updated on

Image

Banyak pengusaha yang mendapatkan bimbingan sehingga dalam beberapa dekade menghasilkan keberhasilan dan penguasaha lainnya bisa saja gagal. Masing-masing pengusaha pastinya membuat banyak kesalahan yang sama, namun ada yang sanggup untuk memperbaiki dan ada pula yang membiarkannya sehingga belum terselesaikan. Inilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan pengusaha. Sebagai pengusaha, Anda harus mampu mencari jalan sendiri dalam meraih kesuksesan. Lebih tepatnya adalah menjadi pengusaha yang mandiri. Berikut ini 5 tanda bahwa Anda mampu meraih kesuksesan dengan jalan Anda sendiri dan bagaimana Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa.

1.       Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda

Beberapa penguasaha tidak bisa menyelesaikan sebelum memulai pekerjaan baru. Untuk alasan apapun, tidak peduli berapa banyak sumber daya yang tersedia untuk mereka, mereka tidak bisa fokus dan mendapatkannya. Mungkin saja ini adalah kekhawatiran bahwa mereka berpikir hasil akhir produk mereka bisa menjadi lebih baik atau kekhawatiran bahwa ini tidak akan sempurna dan mereka tidak akan mampu membuat perubahan nantinya.

Tapi Seth Goding memperoleh kebenaran dalam bukunya yang berjudul Linchpin : Are You Indispensible? dimana dia menulis : “Satu-satunya tujuan awal adalah menyelesaikan, dan ketika proyek Anda tidak benar-benar selesai, maka Anda tetap harus mengirimkan.” Jika Anda melewatkan dan selalu terlambat, pada akhirnya hanya sedikit yang bisa Anda tunjukkan kepada diri Anda sendiri.

Seth selalu mengatakan, jika 80 persen terselesaikan itu cukup baik, karena Anda harus mengirimnya.

 

2.       Mempercayai orang lain mengelola usaha

Para pengusaha ingin melakukan semuanya sendiri. Mereka tidak percaya bahwa orang lain bisa melakukan pekerjaan sebaik yang mereka lakukan. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda dan menjadi seorang pemimpin, Anda harus belajar untuk mempercayai orang lain. Setiap orang membutuhkan tim pendukung, bahkan pengusaha paling berkompeten sekalipun.

 

3.       Mau mengakui kesalahan

Pastinya Anda bisa memperhatikan bahwa sulit bagi beberapa pengusaha mengakui kesalahan yang mereka buat sendiri. Tapi jika Anda gagal untuk mengakui kesalahan, Anda akan kehilangan kesempatan belajar. Kesalahan merupakan batu loncatan untuk sukses. Jangan ragu meminta saran orang lain dan akuilah kesalahan Anda sehingga Anda dapat dengan cepat bergerak maju dan berbuat lebih baik lagi.

 

4.       Anda mengajukan pertanyaan, dan benar-benar memperhatikan jawabannya

Pernahkah seseorang mengajukan pertanyaan kepada Anda dan ketika Anda menjawab, seseorang tersebut tidak memperhatikan jawaban yang Anda berikan?  Anda tahu tipe orang seperti ini? Mereka meminta pendapat Anda, tapi mereka hanya benar-benar tertarik pada apa yang Anda katakan jika mereka yakin. Jenis pengusaha ini dikelilingi oleh orang-orang yang selalu setuju dengan pengusaha tersebut. Anda akan membuat keputusan yang lebih baik jika Anda meninggalkan keras kepala Anda. Benar-benar menimbang sudut pandang yang berbeda dan mencoba untuk memahami persfektif lain.

 

5.       Anda selalu menemukan alasan untuk bergerak maju

Waktunya tidak tepat. Perekonomian tidak baik. Anda tidak memiliki cukup modal. Itu semua adalah alasan untuk tidak bergerak maju. Anda harus mengambil keputusan dan membuat pilihan sendiri. Cobalah untuk bersikap fleksibel dan berani untuk mengambil risiko. Sebagai pengusaha, pastinya pernah membuat kesalahan. Ini adalah bagian yang menyenangkan dari kerelaan Anda untuk mengambil risiko. Semakin Anda rendah hati dan mau menerima, maka semakin besar pula kemungkinan keberhasilan yang akan Anda capai.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s