Menjalin Relasi Bisnis dengan Reseller Online, Pentingkah?

Posted on Updated on

Image

Jawabannya adalah bisa “ya” dan bisa juga “tidak”,  tergantung situasi dan kondisi toko online Anda. Agar toko online  Anda semakin berkembang, Anda bisa menjalankan strategi ini yaitu menjalin relasi bisnis dengan reseller. Semakin banyak jumlah reseller Anda, maka semakin besar pangsa pasar toko online Anda. Ini bisa jadi akan meningkatkan angka penjualan, namun di sisi lain Anda harus menjual produk Anda dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar.

Bagi Anda yang sudah memiliki kemantapan terhadap eksistensi toko online Anda, tidak ada salahnya menjalin relasi dengan reseller. Namun bagi Anda yang baru memulai toko online Anda, ada baiknya Anda memperhatikan kestabilan pemasukan dan jumlah pembeli Anda. Lalu bagaimana Anda bisa mengetahui waktu yang tepat untuk menjalin relasi dengan reseller? Berikut ini ada beberapa indikator yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan untuk menjalin relasi bisnis dengan reseller online Anda.

  • Anda bisa menabung

Kestabilan finansial dan profit yang jumlahnya signifikan merupakan target penting yang harus di capai pengusaha online pemula. Profit tersebut bisa digunakan sebagai tabungan apabila toko online Anda mengalami kendala finansial di kemudian hari. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum berbisnis dengan reseller. Mengapa demikian? Karena saat Anda menjual produk kepada reseller, maka Anda harus menjual produk di bawah harga penjualan yang biasanya Anda patok. Jika kestabilan finansial Anda belum tercapai, jangan coba-coba menjual produk di bawah harga pasar jika Anda tidak ingin rugi.

 

  • Toko online Anda memiliki rencana jangka panjang

Baiknya Anda menghindari berbisnis dengan reseller apabila Anda belum mengetahui tujuan dan manfaat yang Anda dapat di kemudian hari. Rencana jangka panjang perlu Anda buat agar Anda mampu mencapai target yang akan Anda capai. Buatlah rencana jangka panjang yang terkait dengan perkembangan dan perluasan toko online Anda, salah satunya dengan membuka cabang toko online  melalui reseller.

 

  • Telah mematenkan nama toko online Anda

Agar merek produk Anda dikenal luas, ada baiknya Anda mematenkan nama toko online atau merek bisnis Anda. Meskipun konsumen membeli produk melalui reseller Anda, namun merek produk dan nama toko online Anda akan tetap dikenal banyak orang. Semakin banyak dan luas yang mengenal merek produk dan toko online Anda, maka semakin kuat brand awareness konsumen terhadap bisnis Anda.

 

  • Memahami sumber daya toko online Anda

Produk yang diciptakan tentunya membutuhkan biaya produksi, biaya tenaga kerja, biaya bahan baku dan aspek pendukung lainnya. Biaya produksi biasanya berkaitan erat dengan sumber daya. Jika Anda berbisnis dengan reseller, maka Anda harus siap dengan permintaan produk dari konsumen yang tersebar di berbagai wilayah. Itu artinya Anda harus siap dalam menangani permintaan konsumen. Apakah sumber daya yang Anda miliki memadai? Inilah yang harus Anda perhatikan. Usahakan sumber daya yang Anda miliki mampu mengimbangi jumlah permintaan konsumen dari para reseller. Dengan begitu, Anda juga dapat meningkatkan penjualan dan profit untuk membayar seluruh biaya yang Anda keluarkan untuk menciptakan dan memasarkan produk Anda.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s