5 Alasan Mengapa Perlu Memasarkan Produk Melalui Youtube

Posted on Updated on

5 alasan mengapa perlu

Dalam berbisnis online, tidak ada media sosial terbaik saat Anda memasarkan produk Anda, karena semua tergantung dari efektivitas Anda dalam menggunakan media sosial. Sesungguhnya media sosial yang bisa mempresentasikan produk dengan menarik akan lebih mampu meyakinkan pembeli. Salah satunya adalah YouTube. Kelebihan YouTube dibandingkan media sosial lain adalah video yang ditampikan tidak hanya menyajikan informasi visual, tapi juga audio mengenai produk yang Anda jual. Dengan begitu YouTube bisa mempresentasikan produk yang Anda jual.

Konsultan pemasaran online, Saman Kouretchian mengatakan bahwa ada lima alasan mengapa pengusaha online perlu memasarkan produk melalui YouTube.

1.       Jangkauan luas

Riset menyebutkan bahwa lebih dari 800 juta orang membuka media sosial YouTube paling tidak sekali dalam sebulan. Riset lain juga menunjukkan lebih dari 400 juta orang mengakses YouTube dari ponsel per harinya. Maka bisa dikatakan jangkauan YouTube begitu luas. jika Anda mengunggah video produk Anda, maka Anda telah melakukan pemasaran produk kepada pasar yang memiliki populasi yang besar.

2.       Mudah diakses

Saat ini berbagai smartphone telah mempermudah pengguna untuk mengakses YouTube. Dimanapun mereka berada dan kapanpun waktu yang mereka miliki, mereka bisa dengan mudah mengakses YouTube. Kemudahan ini menjadikan YouTube sebagai media sosial yang tepat untuk melakukan promosi.

3.       Promosi audio dan visual

Video dapat menciptakan ketertarikan emosional yang lebih baik dibandingkan gambar dan teks. Dengan menciptakan rasa ketertarikan emosional antara calon pembeli dengan produk, maka Anda dapat meningkatkan jumlah pembeli potensial Anda. Video ini akan memicu rasa keingintahuan calon pembeli terhadap produk yang Anda jual dan memungkinkan pembeli untuk melakukan transaksi pembelian. Selain itu Anda dapat memberikan gambaran mengenai petunjuk penggunaan produk Anda, menginformasikan peluncuran produk baru dan mempresentasikan keunggulan yang dimiliki produk Anda dibandingkan produk lainnya.

4.       Jalan pintas menuju sosial media lainnya

Setelah melihat video produk Anda, biasanya calon pembeli akan mencari tahu dan melihat Youtube Channel milik Anda. Calon pembeli akan mencari informasi produk Anda secara lengkap melalui website, fanpage, atau akun Twitter milik Anda. Youtube menjadi jalan pintas menuju media sosial lain dalam usaha online Anda.

5.       Murah dalam beriklan

YouTube memberikan fasilitas beriklan dengan teknik pay-per-click yang lebih murah dibandingkan Facebook, Google atau Bing. Anda bisa memilih kapan video iklan Anda ingin diputar di YouTube. Video iklan bisa sebelum atau sesudah video diputar, melalui fasilitas search, atau melalui display panel. Anda juga bisa memantau kesuksesan video iklan Anda dengan membaca data analitik di YouTube.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s