4 Fungsi Promosi Bagi Bisnis Anda

Posted on Updated on

Image

Dalam buku karangan Fandy Tjiptono yang berjudul Strategi Pemasaran, tertulis ‘promosi adalah bentuk dari komunikasi pemasaran. Fandy menambahkan, komunikasi pemasaran merupakan aktivitas untuk menyebarkan informasi, memengaruhi, membujuk, dan mengingatkan sasaran pasar agar konsumen bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Untuk memancing konsumen agar mau membeli produk, para pengusaha sering melakukan promosi. Biasanya pengusaha memberikan promosi diskon, free ongkos kirim, maupun bonus produk. Banyak pengusaha yang melakukan promosi, tapi belum tentu mereka mengetahui fungsi dari promosi itu sendiri. Supardi Lee, seorang social entrepreneur yang menulis buku ½ Karyawan, ½ Bos mengemukakan bahwa ada 4 fungsi promosi, yaitu:

1.       Fungsi pengenalan

Pada fungsi pengenalan, tujuan promosi adalah agar produk yang akan dijual diketahui oleh masyarakat. Biasanya produk yang dipromosikan hanya memuat informasi-informasi dasar. Misalnya rincian informasi produk yaitu seperti apa produk atau jasa tersebut, informasi merek produk, harga produk, dan keunggulan produk dibandingkan yang lain.

2.       Fungsi penawaran

Pada fungsi penawaran, konsumen bukan hanya diajak untuk mengetahui informasi mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan, tapi juga menawarkan kepada konsumen agar membuat keputusan untuk membeli. Misalnya bagi 100 pembeli pertama akan mendapatkan diskon 10% dan gratis souvenir berupa dompet atau aksesoris.

3.       Fungsi penjagaan konsumen

Menurut Supardi Lee, fungsi ini lebih menekankan pada kuantitas transaksi dan bukan kuantitas jumlah konsumen. Kegiatan utamanya adalah memberikan pelayanan agar konsumen setia pada produk. Contoh promosi ini adalah promosi member only di bisnis-bisnis tertentu.

4.       Fungsi perbaikan

Tujuan promosi ini adalah untuk memperbaiki kesalahan yang pernah Anda dan tim Anda buat. Bisa dikatakan juga sebagai permintaan maaf Anda terhadap konsumen Anda. Pada promosi ini, Anda harus jujur pada konsumen tentang kesalahan yang terjadi pada produk atau jasa Anda dan berjanji akan memberikan solusinya. Misalnya saat menjual buku mengenai “Cara Berternak Ikan Mas”, Anda berjanji akan memberikan CD tutorialnya. Namun ternyata Anda lupa menyisipkan CD tersebut. Sebagai permintaan maaf, Anda akan memberikan CD tutorial tersebut ditambah souvenir kepada konsumen Anda.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s