6 Strategi Khusus untuk Berpromosi

Posted on Updated on

Image

Promosi merupakan salah kegiatan penting dalam menjalankan bisnis. Terutama bisnis yang baru Sobat rintis. Promosi biasanya dilakukan untuk menaikkan angka penjualan atau mengenalkan produk Sobat ke konsumen. Selain promosi secara offline, biasanya para pengusaha juga melakukan secara online.

Promosi juga bisa merugikan Sobat jika strategi dan perencanaannya tidak direncanakan dengan matang. Kali ini Situs Volusion akan mengemukakan strategi-strategi khusus dalam berpromosi agar terhindar dari kerugian.

1.       Menentukan tujuan  promosi

Sebelum memulai promosi di toko online Sobat, ada baiknya Sobat menetapkan tujuan promosi Sobat. Melalui promosi, Sobat dapat menentukan tujuan yang ingin dicapai oleh toko online Sobat. Apakah untuk mengenalkan produk dan perusahaan Sobat, menaikkan penjualan, menaikkan jumlah pelanggan, meningkatkan laba, dan sebagainya.

 

2.       Memilih target promosi

Langkah selanjutnya adalah menetapkan target promosi yang ingin Sobat capai. Jika Sobat ingin menambah jumlah pembeli yang belum pernah melakukan pembelian di toko online Sobat, maka Sobat bisa melakukan promosi dengan cara “beli satu dapat dua”. Cara ini cukup menarik calon pembeli Sobat. Bagi pembeli yang sudah pernah melakukan transaksi pembelian di toko online Sobat, maka promosi “big sale” atau “diskon heboh” bisa dilakukan jika melakukan repeat order.

 

3.       Menetapkan jangka waktu promosi

Perlu Sobat ketahui bahwa promosi juga memiliki jangka waktu dan tidak mungkin berlaku selamanya. Sobat bisa melakukan promosi secara harian, mingguan, dan bulanan. Sobat juga bisa melakukannya di momen-momen spesial seperti hari raya, tahun baru atau perayaan nasional lainnya.

 

 

4.       Melakukan analisis finansial

Penting bagi Sobat untuk menganalisis untung dan rugi saat melakukan promosi. Karena  penyebab utama kegagalan promosi adalah ketidakmampuan pengusaha memperhitungkan biaya dan keuntungan yang diperoleh dari hasil promosi. Banyak pengusaha yang merugi karena menjual produk di bawah harga pasar. Hal ini semata-mata untuk meningkatkan penjualan. Namun sayangnya tidak memperhitungkan secara cermat. Jika ini terus terjadi, maka akan mengakibatkan kerugian. Sobat harus memperhitungkan berapa persen keuntungan yang dikorbankan untuk promosi dan profit yang didapatkan dari produk yang dipromosikan disesuaikan dengan biaya operasional. 

 

5.       Membuat rencana publikasi

Apabila Sobat sudah merencanakan perencanaan promosi dengan matang, maka selanjutnya Anda bisa mulai untuk melakukan promosi toko online Sobat. Sobat bisa melakukan promosi melalui Facebook, Twitter, Tumblr, Blog dan sebagainya. Yang terpenting adalah membuat orang lain menjadi tahu bahwa Sobat sedang melakukan promosi. Semakain banyak orang yang tahu, maka semakin tinggi akan penjualan produk di toko online  Sobat.

 

6.       Evaluasi

Salah apabila Sobat melewatkan strategi satu ini. Setiap keputusan yang Sobat ambil, harus dilakukan evaluasi agar dapat dinilai keefektivitasan promosi yang Sobat lakukan. Jika tujuan awal promosi Sobat tercapai, maka Sobat bisa melanjutkan promosi tersebut. Jika tidak, sebaiknya Anda berhenti jika ingin toko online Anda tetap berjalan.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s