5 Rahasia Sukses Ala Bill Gates

Posted on Updated on

Image

 Apakah sobat pernah mengetahui William Henry Bill Gates? Pria yang biasanya dikenal dengan nama Bill Gates ini adalah seorang pengembang Microsoft sejak tahun 1975 hingga sekarang. Siapa yang menyangka kalo Bill Gates yang sukses dan termasuk salah satu orang terkaya versi majalah Forbes ini tidak pernah menyelesaikan kuliahnya di Universitas Harvard. Perlahan namun pasti, akhirnya Microsoft menjadi perusahaan software yang sukses dan terkenal di seluruh dunia.

Lalu, apa rahasianya? Inilah 5 rahasia sukses ala Bill Gates yang bisa sobat tiru dan ikuti.

  1. Membaca

Salah satu buku karangan Bill Gates adalah “Road to Success”, ia mengatakan, “have such a sense of curiousity about the world helps anyone to succeed, no matter what job they choose”. Bill Gates percaya, senang membaca merupakan salah faktor dari kesuksesan. Dan hal ini terbukti pada Bill Gates yang sejak remaja gemar membaca buku dan mencari informasi dari buku yang dibacanya.

  1. Jangan menunda

Salah satu quotes dari Bill Gates mengenai kesuksesan adalah “if you’re in the right place at the right time and had a vision of where technology will go but take no action, you will never be successful”. Bill Gates tidak pernah menunda apa yang akan dilakukannya. Bill Gates berusaha untuk cepat menjalankan ide dan rencana yang telah dibuat. Ini patut dicontoh. Karena semakin cepat sebuah ide dijalankan, maka Sobat menjadi lebih cepat mengetahui hasilnya. Jika gagal, Sobat bisa dengan cepat memperbaikinya.

  1. Visioner

Penting bagi Sobat untuk berpikir ke depan seperti Bill Gates. Ternyata Bil Gates telah memprediksikan di masa depan bahwa nanti akan ada banyak orang yang menjadi pelaku bisnis. Inilah yang membuat Bill Gates menciptakan produk-produk yang lebih unggul dibandingkan produk pesaingnya.

Yang perlu diteladani dari Bill Gates adalah Bill Gates selalu merencanakan tujuan-tujuan yang ingin dicapainya. Oleh karena itu, Sobat juga harus memikirkan dan menuliskan tujuan-tujuan yang ingin dicapai bisnis Sobat. Dengan begitu, maka Sobat akan memperolah pedoman dalam menjalankan bisnis Sobat.

  1. Mendengarkan

Bill Gates tidak pernah menganggap sepele kritik dan komentar terhadap yang dilontarkan pelanggannya. Hal yang membuatnya senang adalah komplain dari pelanggan. Komentar-komentar tersebut dianggap sebagai bahan evaluasi kinerja tim dan produknya. “Your consumers who most unhappy are the largest source for you to learn”, itulah yang diungkapkan Bill Gates.

  1. Pelajari teknologi

Semakin lama teknologi semakin berkembang di dunia. Inilah yang membuat Bill Gates percaya bahwa teknologi akan selalu membantu kehidupan manusia. Bill Gates juga menyarankan agar generasi muda tidak malas untuk mempelajari teknologi. Karena tiap menit selalu ada yang baru dari teknologi.

Bill Gates berpendapat, “if you see the most interesting things that emerged in the last decade, whether it’s cool things like portable music players and video game or something more practical like smartphone and medical technology, all of which come from the fields of science and technology”.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s