12 Hal Penting ketika Berpidato

Posted on Updated on

Image

Bagaimana caranya berpidato yang baik yah sobat Eagles? Bagaimana tips dan strateginya berbicara di depan umum? Hal-hal berikut sangat penting agar pidato sobat Eagles lebih efektif. Yuk disimak.

1. ISI PIDATO

Pidato biasanya terdiri atas 3 bagian: perkenalan, topik utama, dan kesimpulan/penutup. Sebelum maju, sobat Eagles harus menyiapkan ketiga hal ini, untuk nanti disampaikan secara berurutan.

2. AUDIENS

Penonton tidak ingin sobat Eagles hanya berpidato, tapi juga mengharap interaksi. Mereka takkan puas jika sobat hanya berbicara saja, tanpa ada dialog atau tanya jawab. Audiens ingin dilibatkan, menjadi teman atau bagian dalam show sobat Eagles.

3. EYE CONTACT

Sebagus apa pun kata-kata sobat Eagles, kalau tatapan mata tidak pas, pidato jadi nggak asyik. Tataplah audiens langsung ke mata mereka, dan lakukan kontak dengan seluruh bagian penonton, bukan hanya melihat ke penonton di sebelah kanan atau kiri sobat Eagles saja. Tatap mereka dengan mata berbinar, yang menunjukkan sobat Eagles senang berbicara di depan mereka.

4. EKSPRESI WAJAH

Pasang mimik yang sesuai dengan kalimat sobat Eagles. Biarkan wajah sobat Eagles ikut “berbicara” sehingga kalimat sobat Eagles lebih dipahami. Pasang raut muka ceria dan semangat saat menceritakan hal bagus, dan raut muka sedih saat menceritakan sesuatu yang sedih.

5. POSTUR

Berdirilah dengan nyaman. Jangan bersandar, bergoyang-goyang, atau berdiri kaku. Biarkan tangan bergerak santai di sisi tubuh, jangan masukkan ke dalam saku celana.

6. SUARA

Bicaralah dengan cukup keras agar terdengar oleh semua orang. Jangan terlalu cepat, terutama bila audiensnya banyak. Buat tekanan suara sobat Eagles sewajar mungkin.

7. KUALITAS VOKAL

Pastikan kualitas vokal sobat Eagles bagus, misalnya jernih, stabil, ketinggian pas dan tidak cempreng.

8. PENEKANAN

Beberapa kata dalam pidato sobat Eagles lebih penting dibanding lainnya. Untuk memberi penekanan, lakukan jeda sebelum dan sesudah mengucapkannya, ubah volume suara sobat Eagles, atau melangkah lebih dekat kepada audiens.

9. GERAKAN TANGAN

Lakukan seperlunya, terutama bila akan memberi penekanan pada poin-poin penting. Jangan menghitung atau menunjuk-nujuk dengan jari.

10. PENGUCAPAN

Gunakan kata-kata dengan tepat, kalau perlu lihat dulu kamus. Apa begini cara mengucapkannya? Ucapkan setiap kata dengan jelas, tidak perlu terburu-buru sehingga artikulasi menjadi tidak jelas atau belepotan.

11. CATATAN

Ini digunakan untuk memudahkan pidato Sobat Eagles, bukan untuk contekan. Tulis dalam kartu-kartu kecil. Jangan menulis semua kata, cukup ide utama atau keyword-nya saja. Pegang kartu-kartu itu di tangan, atau sematkan di speaker-stand. Gunakan seperlunya, dan jangan berusaha menyembunyikannya dari audiens.

12. PENUTUP

Setelah memberikan kesimpulan atau kata-kata penutup, berhentilah. Tatap audiens, berikan waktu bagi mereka mencerna kata-kata terakhir sobat Eagles. Tersenyum dan sampaikan terima kasih, lalu tinggalkan panggung.

Oleh: Kiki A Larasati
Sumber: Buku Pintar etiket untuk remaja, Mien R. Uno
Foto: Internet

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s