5 Karakter untuk Sukses Ala Bob Sadino

Posted on Updated on

  1. Image

Kesuksesan Anda bukanlah dilihat dari banyaknya modal dan sumber daya yang Anda miliki, tapi juga dipengaruhi oleh faktor ketahanan mental yang Anda miliki. Mental yang kurang baik bisa mengantarkan Anda pada kegagalan. Jika kegagalan tersebut tidak Anda pelajari dan jadikan sebagai suatu motivasi, maka bisa jadi kebangkrutan menghampiri Anda. Tentu bukanlah ini yang Anda harapkan bukan?

Siapa yang ingin menjadi sukses? Pasti semua orang menginginkannya tanpa terkecuali. Kali ini Bob Sadino, pengusaha sukses pendiri Kemfood dan Kemchick yang selalu memakai celana pendek ini akan mengemukakan 5 karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha agar sukses dalam menjalankan bisnisnya.

1. Memiliki kemauan yang keras

Saat Anda memulai suatu bisnis, pastinya selalu ada kendala atau masalah yang harus Anda lewati. Jika Anda tidak kuat, maka bisa jadi Anda tidak akan mampu menjalankan bisnis Anda. Penting bagi Anda untuk memiliki kemauan yang keras. Dengan begitu, Anda akan mampu melewati kendala dan masalah di masa awal bisnis Anda maupun perjalanan bisnis Anda selanjutnya.

2. Memilki tekad yang kuat

Saat Anda menjalankan bisnis Anda, tentunya Anda memiliki action plan. Action plan ini berisi rencana dan langkah-langkah yang menjadi panduan bagi Anda untuk menjalankan bisnis. Saat seorang pengusaha mengalami kendala dan masalah dalam menjalankan bisnis, seringnya pengusaha ini tidak mengambil langkah yang ada di action plan. Inilah yang harus Anda hindari. Jangan sampai Anda melenceng dari target yang sudah Anda rancang. Oleh karena itu, Anda harus memiliki tekad yang kuat agar bisa konsisten dalam menjalankan bisnis Anda. Jika target dan rencana kerja dijalankan secara maksimal, maka Anda akan dapat mencapai misi bisnis yang ingin dicapai.

3. Berani mengambil risiko

Ketakutan adalah rasa yang banyak dimiliki oleh setiap orang. Bagi seorang pengusaha, tidak dianjurkan memiliki rasa takut. Takut mengambil keputusan akan membuat bisnis Anda tidak bertahan lama. Inikah yang Anda mau? Anda harus berani mengambil risiko. Jika ingin bsinis Anda maju dan berkembang, maka jangan pernah takut untuk berinovasi dan mencoba strategi baru.

4. Tahan banting dan tidak cengeng 

Seorang pengusaha sangat diharapkan untuk segera bangkit dan tidak larut dalam kesedihan saat bisnisnya sedang dilanda badai. Halangan dan cobaan akan selalu ada mengguncang bisnis Anda. Sanggupkah Anda? Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah berusaha untuk tetap tegar dan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Jika Anda tidak kuat menghadapinya, maka bisnis Anda juga tidak akan kuat.

5. Ikhlas dan selalu bersyukur

Tidaklah mudah menjadi ikhlas dan bersyukur. Karena biasanya manusia selalu tidak puas dengan apa yang diperolehnya. Namun banyak pengusaha yang sukses dan berhasil karena memiliki karakter ini. Hati yang selalu ikhlas dan syukur akan membuat pengusaha dapat memaknai hasil yang diperoleh dari bisnisnya, meskipun profit yang didapatkan kecil dan pas-pasan.  

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

>> Program 6 Bulan Jadi Pengusaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s