7 Pedoman dalam Menentukan Harga Jual

Posted on Updated on

7 pedoman dalam menentukan

Salah satu hal signifikan yang mempengaruhi kesuksesan bisnis Sobat adalah menentukan harga jual produk. Harga yang tepat adalah saat pengorbanan yang Sobat lakukan “terbayar” lewat harga jual yang Sobat tetapkan. Pengorbanan yang dikeluarkan juga perlu Sobat pertimbangkan juga. Saat menentukan harga jual, biaya operasional dan upaya pengembalian modal menjadi fokus utama yang harus Sobat pertimbangkan.

Ada 5 pedoman yang bisa Sobat jadikan pedoman dalam menentukan harga jual yang sesuai untuk bisnis toko online Sobat.

1.       Modal

Hal terpenting dalam memulai bisnis adalah modal. Bagi pebisnis online yang baru memulai usaha, harus mempertimbangkan saat menentukan harga jual karena ini akan mempengaruhi kembalinya modal Sobat. Semakin cepat ‘balik modal’ maka semakin cepat pula kondisi finansial Sobat menjadi stabil. Jika Sobat tidak mengembalikan modal di masa merintis toko online, maka Sobat akan sulit mencapai kesuksesan.

2.       Material

Yang dimaksud material adalah bahan baku dan perlengkapan yang mendukung proses produksi. Sobat harus memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk pembelian bahan baku, biaya perawatan peralatan khusus yang mendukung proses produksi, jumlah bahan baku yang digunakan, atau jumlah bahan pendukung untuk mendukung produksi Sobat.

3.       Tenaga kerja

Jika Sobat melibatkan orang lain dalam mengelola toko online, maka ada gaji yang harus Sobat keluarkan tiap minggu atau bulannya. Gaji yang Sobat keluarkan termasuk dalam golongan biaya tenaga kerja. Sobat harus bisa menyesuaikan harga jual produk agar mampu membayar biaya tenaga kerja.

4.       Pengeluaran /biaya-biaya

Pengeluaran atau biaya-biaya yang dimaksud adalah mencakup biaya yang mempengaruhi operasional toko online Sobat. Biaya sewa kantor dan gedung, biaya hosting, biaya listrik dan air, biaya pulsa merupakan sebagian dari biaya operasional. Jangan sampai harga jual yang Sobat tetapkan dapat mengesampingkan segala pengeluaran atau biaya yang telah Sobat keluarkan.

5.       Kelebihan produk

Jika produk Sobat memiliki kelebihan atau keunggulan dibandingkan produk toko online lainnya maka Sobat bisa memberikan nilai lebih produk dengan cara memberikan inovasi terhadap produk yang Sobat ciptakan. Selain itu Sobat bisa menjual produk yang kualitasnya diatas produk kompetitor Sobat.

6.       Profit

Persentase keuntungan ternyata mempengaruhi harga jual tiap toko online satu dengan yang lainnya. Tentukanlah persentasi profit yang relevan dan jangan sampai menetapkan profit yang terlampau tinggi agar konsumen tidak kabur. Sebaiknya bagi Sobat yang baru memulai bisnis, Sobat bisa mengambil persentase profit sekitar 10% hingga 30%.

7.       Harga pasar

Sebaiknya Sobat memperhatikan harga pasar produk sejenis dalam menetapkan harga jual. Biasanya konsumen akan melakukan perbandingan harga dari setiap toko online yang dikunjunginya. Oleh karena itu sangat penting bagi Sobat untuk mengetahui perkiraan harga pasar. Hati-hati dalam menentukan harga jual produk. Apabila terlalu tinggi, maka akan membuat toko online Sobat ditinggalkan konsumen. Jika terlalu rendah juga tidak baik. Karena konsumen bisa berpikir produk yang Sobat jual adalah produk murahan dengan kualitas rendah.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s