8 Rahasia Menuju Sukses

Posted on Updated on

Image

Siapa yang ingin sukses? Sudah pasti tidak ada yang akan menjawab “saya ingin gagal”. Dalam suatu bisnis, kegagalan pastilah sudah menjadi salah satu “bumbu” dalam mengolah suatu bisnis. Kegagalan sering dibarengi oleh kerugian material maupun non material. Meskipun banyak yang menganggap bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, pastinya setiap pebisnis tak ingin sering merasakan kegagalan.

Lalu bagaimana meminimalisir kegagalan tersebut? Seorang pengamat bisnis dan teknologi, Jeff Haden akan membagikan 8 rahasia menuju sukses yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang telah sukses berbisnis.

 

1. Tidak ada rencana cadangan

Kebanyakan para pebisnis merasa nyaman apabila membuat rencana cadangan saat menjalankan suatu strategi. Mereka menganggap hal ini bisa menjadi pilihan lain jika terjadi kegagalan. Ternyata ini tidaklah benar. Hasil riset membuktikan bahwa orang-orang sukses tidak pernah membuat rencana cadangan. Hal ini dilakukan agar membantu mereka tetap fokus mencapai target yang ingin dicapai. Karena pebisnis akan lebih kerja keras lagi jika tidak memiliki rencana cadangan lain.

 

2. Talk less, do more

Dalam meraih kesuksesan, tidak ada yang namanya jalan pintas. Karena sukses itu tidak terbentuk dalam waktu yang singkat. Sedikit berbicara dan banyak bekerja merupakan salah satu cara meminimalisir kegagalan dan meraih kesuksesan. Manfaatkan waktu tiap detik dengan sebaik-baiknya.

 

3. Anti-mainstream

Biasanya pebisnis sukses senang melakukan apa yang tidak dilakukan oleh orang lain dan mengunjungi tempat yang tidak biasa dikunjungi orang pada umumnya. Mereka menganggap suatu komunitas, kegiatan, dan tempat yang jarang dikunjungi bisa menjadi suatu ladang bisnis. Mengapa demikian? Karena mereka menganggap tingkat persaingan di daerah tersebut masih rendah. Ketika tidak ada persaingan, inilah kesempatan baik untuk mencapai kesuksesan.

 

4. Bekerja keras

Tidak ada yang menentukan kesuksesan bisnis selain Sobat sendiri. Apalagi jika bisnis tersebut merupakan bisnis pribadi Sobat. Bagi pebisnis pribadi, maka akan lebih dituntut untuk bekerja keras agar mampu meraih kesuksesan.

 

5. Mulai dari akhir

Pebisnis sukses biasanya memulai dari tujuan akhir yang ingin dicapai. Berdasarkan tujuan akhir tersebut maka bisa menentukan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk meraih kesuksesan. Hal ini berarti Sobat harus memiliki target yang merupakang langkah pertama dalam memulai bisnis.

 

6. Jangan cepat puas

Saat Sobat telah mencapai suatu target, bukan berarti tujuan Sobat sudah terpenuhi seluruhnya. Setelah ini akan muncul target-target baru lainnya yang harus Sobat capai. Jadi Sobat jangan sampai puas dengan target sudah Sobat capai. “When you think you’re good, you’re dead”, ungkapan tersebut sepertinya sangat cocok untuk Sobat yang selalu mengejar target-target baru.

 

7. Rendah hati

Pebisnis sukses selalu bisa menghargai pendapat dan hak orang lain. Selain itu harus berani mengakui kesalahan dan meminta maaf jika salah. Sikap rendah hati sangat diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis. Karakter ini wajib dimiliki pebisnis jika ingin sukses. Karena tidak ada satu orang pun yang ingin berbisnis dan mengenal orang yang tinggi hati dan sombong.

 

8. Smart dalam berjualan

Teknik berjualan yang baik adalah dengan menyakinkan orang lain agar bisa bekerja sama dengan Sobat. Sobat harus memiliki keyakinan terhadap bisnis Sobat agar mampu meyakinkan orang lain juga. Sebaiknya visi dan misi yang Sobat buat harus jelas agar bisa menjadi landasan berbisnis. Komunikasi yang baik juga akan mempengaruhi orang lain untuk melakukan kerja sama.

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s