Sudahkan Anda Mengenal Produk Anda?

Posted on Updated on

Image

 

Saat ini banyak penjual online yang tidak memahami produk yang dijualnya. Ia hanya memandang produk yang sedang tren saat ini kemudian menjualnya ke konsumen. Hal ini akan dapat menyulitkan penjual saat menjawab pertanyaan konsumen yang ingin membeli karena penjual tidak memahami produk secara menyeluruh.

Menjual produk yang berkualitas adalah kunci sukses meningkatkan penjualan di toko online Anda. Sebagai pemilik toko online, selain Anda harus mampu mengetahui strategi dalam memasarkan produk, Anda juga harus mengenal produk Anda secara menyeluruh. Jika Anda bisa mengenal produk Anda, maka Anda akan bisa melakukan inovasi untuk produk Anda.

 

1. Jual produk yang Anda sukai

Menjual produk yang Anda sukai akan memudahkan Anda memahami seluk-beluk produk Anda. Cara termudahnya adalah dengan menjual produk yang sesuai dengan hobi Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dan cepat mempelajari produknya. Anda juga bisa dengan mudah dan cepat menjawab pertanyaan konsumen Anda. Memahami produk akan menciptakan kesan bahwa Anda penjual yang profesional dan kredibel di bisnis yang Anda jalani.

 

2. Menciptakan inspirasi

Dengan memahami produk secara menyeluruh, maka Anda akan mudah melakukan inovasi terhadap produk Anda. Kira-kira bagaimana mengembangkan produk agar lebih unggul dibandingkan produk pesaing, kekurangan apa yang dimiliki produk Anda, bagaimana memperluas pangsa pasar produk Anda. Hal-hal yang telah disebutkan tadi bisa menjadi panduan bagi Anda untuk melakukan inovasi.

 

3. Melakukan riset

Anda bisa melakukan riset dengan mengumpulkan opini konsumen yang telah memakai produk Anda. Semua opini yang diberikan konsumen baik itu saran, kritik atau respon positif akan menjadi feedback bagi Anda dalam mengembangkan produk. Dengan melakukan riset, Anda juga bisa mengetahui posisi toko online Anda dibandingkan pesaing Anda serta mendapatkan gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan produk Anda dibandingkan produk pesaing.

 

4. Menggunakan produk

Cara yang paling efektif untuk mengenal produk Anda adalah dengan menggunakannya secara langsung. Pengalaman yang Anda peroleh saat menggunakan produk akan membuat Anda lebih memahami produk Anda. Anda akan dapat menilai produk Anda secara valid dan objektif karena penilaian dilakukan bedasarkan pengalaman nyata.  

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

>> Program 6 Bulan Jadi Pengusaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s