Memilih Web Hosting Yang Sesuai Untuk Bisnis Online

Posted on Updated on

memilih web hosting

Bisnis online tidak akan jauh dari yang namanya web hosting. Saat ini ada begitu banyak penyedia web hosting di internet. Bagi para pengusaha yang baru memulai bisnis online, hal ini akan membingungkan mereka untuk memilih web hosting jenis apa yang sesuai. Oleh karena itu, sebelum Sobat memilih web hosting, sebaiknya Sobat menentukan terlebih dahulu tujuan situs bisnis online Sobat. Dari tujuan tersebut, maka Sobat bisa menyesuaikan jenis layanan web hosting yang Sobat perlukan.

Berikut ini ada beberapa jenis layanan web hosting, yaitu:

1.       Shared Hosting

Diantara layanan web hosting, jenis layanan ini paling banyak digunakan dan juga murah. Sesuai dengan namanya, layanan ini menggunakan sistem sharing dengan pengguna website lain. Maksudnya adalah dalam satu server, ada beberapa akun. Tiap akun memiliki username dan password yang berbeda-beda. Pada layanan ini, penyedia server telah memberikan fitur-fitur yang mudah digunakan di website yang akan Sobat gunakan. Namun dalam beberapa kasus, ada beberapa website yang berjalan lama saat menggunakan layanan ini. Jika bisnis online Sobat tidak terlalu memiliki traffic yang besar, layanan web hosting ini bisa Sobat gunakan.

 

2.       Virtual Private Servers (VPS)

Jenis layanan ini lebih besar dibandingkan shared hosting. VPS membuat Sobat bisa mengontrol situs secara luas dibandingkan shared hosting. Layanan ini juga mengharuskan Sobat berbagi akun, namun Server yang digunakan jauh lebih luas dibandingkan shared hosting.

 

3.       Dedicated Servers

Dedicated servers merupakan layanan web hosting  yang paling mewah. Sobat tidak perlu berbagi server dengan pengguna lain. Sobat seperti memiliki rumah sendiri dan bebas mengatur seluruhnya tanpa ada orang lain yang mengganggu.

Jika Sobat sudah mengetahui jenis layanan web hosting yang sesuai, maka ada beberapa hal lainnya yang diperlukan dalam memilih web hosting yang sesuai untuk bisnis online Sobat.

  • Lihat lokasi server

Sebelumnya Sobat harus menentukan demografi dari pembaca situs Sobat. Jika Sobat lebih mengutamakan orang Indonesia yang membaca situs Sobat, maka sebaiknya Sobat lebih memilih server yang ada di Indonesia saja. Karena apabila Sobat lebih memilih server yang terletak di Amerika Serikat, maka akan lambat jika digunakan di Indonesia.

  • Pengalaman web hosting

Ternyata usia mempengaruhi apakah web hosting tersebut memiliki pengalaman yang cukup banyak atau tidak. Semakin panjang usianya, maka semakin banyak pengalaman yang dimiliki. Sobat juga bisa melakukan mencari tahu siapa saja klien dari perusahaan web  hosting yang nantinya akan Sobat pakai.

  • Layanan support

Perusahaan web hosting yang baik akan menyediakan layanan support untuk memudahkan pelanggan. Pelanggan akan dengan mudah menghubungi dan berkonsultasi melalui layanan support. Layanan ini bisa tersedia dalam bentuk Yahoo! Messenger, Gtalk, email, telepon, sms bahkan alamat yang bisa didatangi.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s