Hindari 3 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Berjalan

Posted on Updated on

Image

 

Bisnis tidak selalu berjalan lancar. Pastinya ada kerikil-kerikil yang menghambat langkah sukses bisnis Sobat. Oleh karena itu Sobat harus hati-hati dalam melangkah, terutama dalam mengambil keputusan. Jangan sampai keputusan yang diambil mengantarkan Sobat dan bisnis Sobat dalam kegagalan. Paul Spiegelman mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang membuat seorang pemimpin bisnis gagal. Agar terhindar dari kegagalan, maka sebaiknya pebisnis online menghindari hal-hal berikut ini:

1.       Kebingungan

Jika Sobat dilanda kebingungan, maka semua yang Sobat lakukan tidak akan sesuai dan tepat sasaran. Kebingungan timbul karena adanya ketidakpahaman terhadap masalah yang dihadapi atau tidak mengetahui solusi dari masalah yang dihadapi. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Sobat menyiapkan beberapa pertanyaan sekaligus jawaban mengenai masalah yang nantinya mungkin akan terjadi.

 

2.       Ketakutan

Saat bisnis Sobat mulai tidak menentu keadaannya, maka Sobat harus berani melakukan perubahan demi kemajuan bisnis. Hal yang sering terjadi adalah banyak yang takut melakukan perubahan dan mengambil keputusan. Ketakutan melakukan perubahan akan membuat bisnis perlahan menuju kegagalan dan kebangkrutan. Menurut Paul, solusi menghadapi ketakutan adalah dengan melakukan perubahan dan tidak takut untuk mencoba. Sobat harus mengajak tim Sobat untuk masuk ke dalam ‘kolam’ dan belajar berenang bersama-sama.

 

3.       Kepercayaan  

Saat Sobat memberikan kepercayaan dan tanggung jawab terhadap tim Sobat, maka sebaiknya Sobat jangan melepas tanggung jawab tersebut begitu saja. Hal ini bisa mengakibatkan bisnis Sobat mengalami kegagalan. Untuk mengatasi hal ini maka Sobat harus memantau kegiatan tim Sobat secara rutin. Jangan lupa melakukan evaluasi setelah melakukan strategi bisnis. Jika tim Sobat bekerja tidak sesuai jalurnya, maka berikan kritik dan solusi terbaik. 

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s