Bagaimana Membuat Hashtags yang Efektif untuk Berbisnis Online

Posted on Updated on

Image

Situs resmi Twitter mengartikan bahwa hashtags ialah simbol (#) yang digunakan untuk menandai kata kunci atau topik tertentu dalam sebuah topik. Hashtags sering digunakan oleh para pengguna Twitter untuk mengategorikan pembicaraan atau pesan yang ingin disampaikan. Jika Sobat bisa memanfaatkan hashtags dengan efektif dan efisien, hashtags bisa menjadi salah satu cara jitu untuk marketing dalam bisnis online.

Koordinator Departemen Marketing & Buzz di HubSpot, Rachel Sprung, mengungkapkan bahwa seseorang harus berhati-hati dalam menggunakan hashtags untuk strategi marketing. Mengapa demikian? Karena bisa jadi perusahaan atau pebisnis lain menggunakan hashtags yang sama dengan Sobat. Lalu bagaimana agar hashtags bisa efektif dalam strategi marketing online? Ini rahasianya!

1. Kata kunci unik

Baiknya Sobat memilih kata kunci yang unik agar pembicaraan yang dimunculkan tidak tertutupi oleh tweet-tweet lain yang memiliki hashtags serupa. Selain itu kata kunci yang unik akan membuat pengguna Twitter merasa tertarik dan penasaran. Selain unik, kata kunci juga harus dibuat secara spesifik.

 

2. Mudah diingat

Tentunya sudah banyak hashtags yang dibuat di Twitter. Oleh karena itu Sobat sebaiknya membuat hashtags yang menggunakan kata kunci yang sederhana, mudah dieja dan mudah diingat. Hal ini bertujuan agar pengguna akun Twitter lebih mudah melakukan tweet menggunakan hashtags tersebut.

 

3. Search sebelum menggunakan hashtags

Sebaiknya Sobat mencoba untuk melakukan riset-riset kecil sebelum menggunakan hashtags. Bisa jadi Sobat akan menemukan hashtags yang sama namun memiliki topik pembicaraan yang berbeda. Ini terjadi saat Sobat tidak melakukan riset sebelumnya. Saat Sobat menggunakan kunci, sebaiknya hindari menggunakan kata kunci bernada negatif agar hashtags tidak disalahgunakan pengguna akun Twitter lain.

 

4. Gunakan hashtags di media sosial lain

Jika hashtags tersebut benar-benar unik dan menarik perhatian orang, hashtags akan menempel di otak seseorang. Maka Sobat bisa menggunakan hashtags  yang Sobat gunakan di Twitter berbagai media sosial agar mudah diingat. Misalnya di Facebook, Blog, Google+, Linkedln, dan sebagainya. Jika dilakukan pengulangan kata kunci hashtags di berbagai media sosial, maka akan membantu menciptakan awareness terhadap produk Sobat. 

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s