7 Rahasia Kesuksesan Sang Pendiri Apple.Inc

Posted on Updated on

Image

 

Siapa yang tidak mengenal Steve Jobs? Pendiri CEO Apple.Inc ini telah sukses membangun bisnisnya. Hampir seluruh orang di dunia menggunakan dan mengenal produk dan teknologi yang dibuatnya, seperti Mac Book, Macintosh, iPod, dan iPhone. Lalu bagaimana Steve Jobs bisa sesukses ini? Berikut 7 rahasia kesuksesan yang didapatkan langsung dari Steve Jobs dalam bukunya yang berjudul “The Inovation Secrets of Steve Jobs”.

1.       Do what you love

Lakukan apa pun yang Sobat suka. Steve Jobs mengungkapkan bahwa orang yang memiliki passion bisa mengubah dunia lebih baik dibandingkan yang lain. Bagi Steve Jobs, passion adalah segalanya. Agar bisa menemukan passion yang sesuai, maka Steve Jobs menyarankan untuk mengambil pekerjaan apapun terlebih dahulu hingga menemukan passion yang sesuai untuk Sobat.  

 

2.       Put a dent in the universe

Dalam hidup harus memiliki sebuah visi agar tujuan hidup lebih terarah. Saat Steve Jobs dan Steve Wozniak bekerja sama mendirikan perusahaan Apple di tahun 1976, Steve Jobs memiliki keinginan yang visioner, yaitu suatu hari nanti bisa meletakan komputer di tangan setiap orang. Dan akhirnya, visi tersebut bisa tercapai berkat kerja keras Steve Jobs.

 

3.       Make connections

Membangun suatu koneksi dengan orang lain akan sangat berguna. Akan ada banyak hal yang bisa Sobat dapatkan dari orang-orang sekitar. Steve Jobs mengungkapkan bahwa kreativitas yang Sobat dapatkan merupakan hasil dari sebuah koneksi. Ini berarti kreativitas bisa terbentuk saat Sobat memperoleh inspirasi dari orang lain. Steve Jobs pernah mengikuti kelas kaligrafi yang sebenarnya ia tak memerlukan kaligrafi dalam hidupnya. Namun akhirnya ia terinspirasi untuk membangun Macintosh.

 

4.       Sell dreams, not product

Steve ternyata memiliki keahlian yaitu mampu menangkap imajinasi orang. Hal ini bisa dilakukan Steve Jobs karena Steve Jobs sangat memahami pelanggannya. Hasil imajinasi yang telah Steve Jobs terapkan adalah gadget dengan satu tombol di ‘muka’, yaitu iPad. Steve Jobs percaya bahwa pelanggan tidak akan memperdulikan produk yang ditawarkan, namun pelanggan lebih memperdulikan diri mereka, harapan serta ambisi mereka sendiri. Jika Sobat bisa membantu pelanggan menggapai ambisi mereka, maka Sobat juga akan berhasil.

 

5.       Say no to 1.000 things

Steve Jobs pernah berkomitmen untuk mengembangkan produk agar lebih sederhana. Komitmen itu dibuktikan oleh Steve Jobs di tahun 1997. Saat itu Steve Jobs mengurangi 350 produk yang telah diciptakan menjadi 10 produk Apple yang ia fokuskan. Hal ini dilakukan agar Steve Jobs mampu meraih kesuksesan.

 

6.       Create insanely great experiences

Steve Jobs memiliki cara tersendiri dalam memberikan pelayanan terhadap para pelanggannya. Pengalaman yang diperoleh pelanggan saat dilayani oleh perusahaan menjadi fokus utama Steve Jobs. Steve Jobs tidak ingin pelanggannya tidak memperoleh ‘sesuatu’ yang berharga saat keluar dari toko Apple miliknya. Steve Jobs berharap pelanggannya merasakan kekuatan emosional antara seseorang dengan merek Apple.

 

7.       Master the message

Ide yang super hebat, jika tidak bisa Sobat dikomunikasikan dengan baik, maka ide tersebut tidak akan berarti sama sekali. Inilah yang dilakukan Steve Jobs demi mengejar kesuksesannya. Steve Jobs melakukan presentasi mengenai produknya. Bukan hanya menyampaikan pesan yang ia maksud, tapi Steve Jobs juga menginformasikan, mengedukasikan, menginspirasi dan menghibur. Semua itu Steve lakukan hanya dalam satu kali presentasi. 

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s