Mudahnya Berbisnis Lewat LinkedIn

Posted on Updated on

Image

Agar bisnis online semakin dikenal, banyak pengusaha online yang memasarkannya melalui media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, maupun Pinterest. Apa itu saja? LinkedIn merupakan salah satu media sosial lainnya yang juga memiliki potensi dalam bisnis online.

Data statistik yang diperoleh dari SocialBaker, Brand24 dan MediaBistro dari akhir 2012 hingga awal Maret 2013 menunjukkan bahwa pengguna LinkedIn di Indonesia berjumlah 1.387.700 orang. Clifford Rosenberg, seorang Managing Director LinkedIn untuk Australia, Selandia Baru, dan Asia Tenggara mengatakan bahwa pertumbuhan pengguna LinkedIn di Indonesia menduduki posisi ketiga, Turki di posisi pertama dan Kolombia di posisi kedua.

  •   Kontak yang luas

Dengan menggunakan LinkedIn, Sobat bisa mengatur siapa saja orang yang tepat untuk dijadikan target sasaran. Sobat bisa memilih orang-orang yang memiliki segmen yang sesuai dengan bisnis Sobat untuk berhubungan atau menjadi kontak LinkedIn bisnis Sobat. LinkedIn juga memungkinkan Sobat untuk mencari kontak melalui kontak yang Sobat miliki di email pribadi.

 

  •   Selalu update

Sobat bisa memanfaatkan fasilitas share pada laman home. Pengguna LinkedIn akan menerima notifikasi jika kontaknya memiliki updates atau post terbaru. Sobat bisa manfaatkan ini dengan cara menuliskan informasi produk terbaru, hot discount, atau paket penawaran. Yang perlu Sobat ingat adalah bahwa LinkedIn bukanlah media sosial seperti Facebook, jadi jangan menuliskan post yang terkesan ‘tukang jualan’ agar tidak dicap sebagai spammers, tapi berpromosilah secara profesional dengan LinkedIn.

 

  •   Profil profesional

Sebagai pengusaha online, tentunya sikap profesional sangat diperlukan. LinkedIn akan membantu Sobat untuk mewujudkannya karena LinkedIn memungkinkan produk atau jasa Sobat terlihat sebagai usaha profesional. Sobat bisa menampikan diri secara profesional di halaman profil LinkedIn dengan mengisi segala informasi mengenai diri dan usaha Sobat. Jangan lupa menuliskan “headline” dan “experience” agar orang-orang bisa terhubung dengan Sobat dan mudah melakukan promosi.  

 

  •   Groups

Groups” memungkinkan Sobat untuk berdiskusi antar sesama anggota grup. Dan dalam LinkedIn ada banyak grup yang populer. Interaksi dalam grup ini akan menjadi poin plus bagi bisnis Sobat. Karena Sobat bisa menunjukkan bahwa Sobat memiliki keahlian dalam bidang usaha Sobat meskipun itu hanya sekedar menjawab pertanyaan konsumen ataupun membuka diskusi baru mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bisnis Sobat. 

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s