Selalu Gagal Berbisnis? Ini Alasannya!

Posted on Updated on

Image

 

Memang tidak mudah menjadi pengusaha sukses. Selalu ada kerikil-kerikil tajam yang harus dilalui. Beberapa pengusaha berhasil melaluinya dan mencapai kesuksesan. Namun tidak sedikit juga yang gagal bahkan bangkrut. Kegagalan ini bisa dipicu oleh beberapa faktor. Seorang konsultan kewirausahaan, Nelli Akalp mengungkapkan bahwa ada enam alasan menyebabkan seorang pengusaha  gagal menjalankan bisnisnya.

  1. Tidak memiliki passion dalam berbisnis

Tahukah Sobat, apakah yang mempengaruhi kesuksesan seorang pengusaha? Passion atau minatlah yang mempengaruhi faktor kesuksesan seseorang. Jika Sobat hanya menjalankan bisnis sesuai bidang yang Sobat minati, itu saja tidak cukup. Sobat juga harus memiliki minat dalam hal pengelolaan bisnis yang baik.

 

  1. Takut gagal

Rasa takut yang berlebihan akan mempengaruhi kesuksesan Sobat. Takut yang berlebihan akan mengantarkan Sobat pada kegagalan. Jangan takut salah dalam mengambil keputusan bisnis. Pandang kegagalan sebagai sesuatu yang berguna untuk mengambil langkah di masa depan. Ambil hikmah dari setiap kegagalan yang dihadapi.

 

  1. Tidak bisa bekerja tanpa pedoman

Tidak ada pedoman tertulis yang menjelaskan cara-cara berwirausaha yang baik. Tidak ada pula yang memberi perintah untuk Sobat dalam melaksanakan kegiatan usaha. Sobat harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam mengambil keputusan meskipun tanpa instruksi orang lain.

 

  1. Kekecewaan yang berlebihan

Saat Sobat memulai suatu bisnis, tentunya tidak selalu berjalan mulus. Ketika Sobat memasarkan suatu produk atau jasa, tidak sedikit yang menolak produk atau jasa yang Sobat tawarkan. Apalagi saat Sobat membutuhkan seorang investor ternyata masih mengalami penolakan. Penolakan-penolakan inilah yang bisa menurunkan semangat Sobat untuk mempertahankan bisnis. Kecewa boleh, namun jangan terlalu lama. Jadikan penolakan ini sebagai motivasi dan sarana pembelajaran dalam menjalankan bisnis.

 

 

  1. Sibuk dengan hal-hal yang kurang mendesak

Sebagai pengusaha yang baik, pastinya bisa menentukan skala prioritas mengenai kegiatan yang penting dan mendesak, serta penting dan tidak mendesak. Panggilan telepon, email, notifikasi media sosial yang tidak terlalu penting dan mendesak sebaiknya dialihkan terlebih dahulu. Utamakan yang paling penting dan mendesak. Hal ini akan membuat pengusaha menjadi lebih produktif dan teratur.

 

  1. Hanya fokus pada produk atau jasa yang ditawarkan

Boleh-boleh saja Sobat melakukan inovasi dan pemasaran “heboh” terhadap produk maupu jasa Sobat. Namun Sobat juga harus memikirkan kepuasan pembeli ketika bertransaksi. Cobalah menganalisis apa saja yang diinginkan oleh pembeli agar Sobat bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Dengan begitu, Sobat bisa menarik banyak pembeli dan bersaing dengan para kompetitor Sobat. 

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s