“Gaet” Pembeli dengan Konten yang Menarik

Posted on Updated on

Image

Facebook dan Twitter merupakan salah satu media sosial yang biasanya sering digunakan untuk mempromosikan produk maupun jasa yang ditawarkan oleh penjual online. Namun kebanyakan penjual online lebih banyak mem-posting mengenai produk atau jasa yang ditawarkan saja. Jika ini yang sering Sobat lakukan, maka jangan heran jika pembeli maupun calon pembeli akan bosan dan kabur. Untuk mengatasi ini sebaiknya Sobat mem-posting berbagai konten yang variatif dan menarik. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara agar Sobat bisa menyajikan konten yang variatif dan menarik untuk pembeli maupun calon pembeli.

  1. Berhubungan dengan bisnis online

Dalam Facebook, Sobat bisa mem-posting gambar, video atau pun teks yang berisi informasi. Jika Sobat ingin mem-posting gambar, video maupun teks sebaiknya memiliki hubungan dengan bisnis online Sobat. Jika Sobat menjual tas, maka Sobat bisa mem-posting video cara membersihkan tas dengan jenis bahan tas yang berbeda-beda.

 

  1. Seremonial

Sobat bisa membuat postingan mengenai hari perayaan tertentu. Dengan begitu Sobat akan turut meramaikan hari perayaan tersebut. Sajikan konten yang bervariasi sesuai tema perayaan yang pastinya disukai oleh fans dan pembeli. Contohnya di Hari Raya Idul Fitri, jika Sobat seorang penjual bolu gulung maka Sobat bisa membuat desain bolu gulung dengan tema ketupat. Lalu foto hasil desain bolu gulung dan posting di Facebook.

 

  1. Libatkan pembeli dalam mengambil keputusan

Sebagai penjual, Sobat bisa melibatkan pembeli dalam mengambil sebuah keputusan. Pembeli akan merasa dihargai dan spesial jika dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Jika Sobat menjual tas, maka Sobat bisa memulainya dengan membuat desain tas dan memberi kebebasan kepada fans dan pembeli untuk memberi penilaian dan masukan untuk desain tersebut. Ini akan membuat Sobat dengan pembeli terasa dekat dan seolah-olah tidak ada jarak.

 

  1. Bertanya

Agar tercipta interaksi antara Sobat dengan pembeli di Facebook, maka jangan pernah ragu untuk melemparkan pertanyaan. Dengan melibatkan fans maupun pembeli dengan opini-opini yang mereka punya, maka interaksi akan meningkat. Contohnya jika Sobat menjual kosmetik, maka Sobat bisa bertanya kepada fans maupun pembeli tentang make up apa yang sering dibawa setiap harinya. Sobat bisa meresponnya dengan memberi komentar atau memberi like.

 

  1. Dua kali dalam satu minggu

Dalam melakukan posting, sebaiknya Sobat membuat jadwal. Jika terlalu sering memberikan informasi yang berasal dari Facebook Sobat kepada fans atau pembeli, maka mereka akan merasa risih. Dan jangan heran jika akun Facebook Sobat di block atau di delete dari pertemanan. Sobat bisa menjadwalkannya dengan melakukan posting setiap dua kali dalam seminggu.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati 

http://yea-indonesia.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s