Sudah ‘matang’kah Persiapan Promosi Bisnis Online Sobat?

Posted on Updated on

Image

 

 Ada berbagai cara yang dilakukan oleh pengusaha untuk memasarkan produk atau jasanya. Salah satunya adalah dengan promosi. Dengan berpromosi, maka Sobat bisa menjaring pelanggan baru dan membuat pelanggan lama menjadi pelanggan yang loyal. Seorang manajer Marketing Communication di Volusion.com, Matt Winn mengemukakan beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi bisnis online. Apakah persiapan tersebut sudah matang atau belum?

  • Tujuan promosi

Apa tujuan promosi Sobat? Ini adalah langkah utama sebelum Sobat mulai berpromosi yaitu menentukan tujuan dan hasil yang ingin didapatkan dari promosi. Tujuan promosi terbagi atas tujuan primer dan tujuan sekunder. Tujuan primer merupakan tujuan utama Sobat melakukan promosi. Tujuan sekunder yaitu keuntungan sampingan yang didapatkan jika Sobat melakukan promosi tersebut.

 

Contohnya Sobat menjual tas lokal, namun sedikit konsumen lokal yang menyukai produk lokal. Lalu Sobat berencana melakukan promosi dengan memberi diskon untuk tas produk lokal tersebut atau memberikan voucher belanja. Tujuan pimer dari promosi tersebut adalah meningkatkan penjualan agar memperoleh laba yang besar. Untuk tujuan sekundernya adalah meningkatkan traffic halaman tas lokal dan mengurangi stok tas lokal di gudang Sobat.

 

  • Penikmat promosi

Kira-kira siapa saja yang bisa menikmati promosi? Sebelum melakukan promosi, sebaiknya Sobat memilih target penikmat promosi. Matt mengungkapkan bahwa lebih efektif jika penjual menargetkan secara spesifik, segmen mana dari targetnya yang bisa menikmati promosi tersebut. Sebaiknya pilih target penikmat promosi sesuai tujuan yang telah ditentukan. Jika ingin tas lokal Sobat terjual laris, maka target promosi yang tepat adalah remaja wanita, wanita dewasa dan ibu rumah tangga.

 

  • Waktu promosi

Kapankah waktu yang tepat untuk berpromosi? Hal ini juga perlu direncanakan secara matang kapan waktu yang tepat. Cari alasan yang tepat dalam memilih waktu promosi produk Sobat. Sobat bisa memberikan promosi jika stok tas di gudang masih menumpuk, sedangkan model terbaru tas lainnya sudah mulai bermunculan. Ini berarti Sobat harus cuci gudang dengan memberikan diskon.

 

  • Media promosi

Matt mengungkapkan bahwa pengumuman promosi yang paling tepat adalah melalui email atau media sosial. Jangan lupa menetapkan tanggal berapa Sobat akan mengumumkan promosi melalui email dan kapan Sobat akan menginformasikannya lewat Twitter, Facebok, Linkedln, atau Google+.

 

  • Keuntungan yang diperoleh

Memberikan promosi berarti memangkas keuntungan yang akan Sobat peroleh. Jika biasanya Sobat mendapatkan keuntungan sekitar 50% dari harga produk, maka Sobat harus rela memangkasnya menjadi 20% atau 30%. Jika tidak mengakibatkan kerugian dan keuntungan yang didapat setelah melakukan diskon bisa jauh lebih besar, maka tidak masalah jika Sobat berani menjalankan promosi tersebut.

 

  • Hasil dari promosi

Setelah melakukan promosi, sebaiknya Sobat melakukan evaluasi. Cobalah untuk menganalisa bagaimana hasil kegiatan promosi yang telah sobat lakukan. Apakah tujuan primer dan sekunder sudah tercapai keduanya? Dengan hasil seperti ini apakah Sobat akan melakukan promosi seperti ini lagi? Evaluasi dengan cermat agar Sobat bisa menentukan promosi terbaik bagi bisnis Sobat.  

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati 

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s